Wali Kota Cilegon Minta Petani Bentuk Kelompok Berbadan Hukum Agar Dapat Bantuan dan Tidak SiLPA Wali Kota Cilegon Minta Petani Bentuk Kelompok Berbadan Hukum Agar Dapat Bantuan dan Tidak SiLPA Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 17 November 2022 / Dilihat 196 kali

Wali Kota Cilegon Minta Petani Bentuk Kelompok Berbadan Hukum Agar Dapat Bantuan dan Tidak SiLPA

MTI Cilegon BANTEN - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kelompok Tani (Poktan) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, berkumpul di Sekretariat KWT Kalimaya, Taman Raya, RT 06 - RW 05, Kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Provinsi Banten, dalam Acara Silaturahmi Kelompok Tani, Selasa (15/11/2022).

Pertemuan Kelompok Tani yang dihadiri Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, itu membuat Lajunya Perhelatan berjalan Gayeng, Familiar dan mendapat Tanggapan Lampu Hijau dari Orang Nomor Satu di Kota Baja ini. Berbagai Pertanyaan dan Harapan dari Kelompok Tani yang disampaikan kepada Wali Kota Cilegon langsung diamini dan mendapat Jawaban secara Lugas, Tuntas dan Tegas.

Dan dengan Tumbuh Berkembangnya Legalitas Kelompok Tani yang ada di Kota Baja, diharapkan mampu dan bisa Bersinergi, Berinovasi, Berkreasi dan Berprestasi dalam Bertani, agar apa yang menjadi Tujuan bersama dapat Terpenuhi.

Aria Suharyadi, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon, mengungkapkan berbagai kendala yang dihadapi para Petani selama ini.

Musyawarah bersama terkait Pembinaan Kelembagaan Petani, dan Permasalahan Kendala Petani yang agak Sulit membeli Pupuk bersubsidi. Dan Kelompok Tani tidak bisa menerima Bantuan Hibah APBD Kota Cilegon, karena harus Berbadan Hukum berdasarkan Perwal No. 10 Tahun 2018, Ungkap Aria Suharyadi, PPL DKPP Kota Cilegon.

Sementara, Tony Firmansyah, Kelompok Tani Kelurahan Gedong Dalem menyatakan, “Ke depannya, semoga mampu untuk Berinovasi sesuai Anjuran Pemerintah, baik lewat Legalitas Bertani ataupun UMKM, yang Identik dengan Ketahanan Pangan. Sehingga, Fasilitas ataupun berbagai bentuk Bantuan dari Pemerintah, khususnya yang berhubungan dengan APBN atau APBD akan Terserap sesuai Harapan. Seperti yang telah disampaikan oleh Wali Kota,” Harap Tony.

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, menyatakan, bahwa Petani semestinya sudah bisa mendapatkan berbagai Fasilitas Bantuan dari Pemerintah, sesuai dengan Payung Hukum yang ditentukan.

Apa yang menjadi Kendala teman-teman (Kelompok Tani) diurai terlebih dahulu bersama Penyuluh, lantas datang ke Dinas sesuai dengan Bidangnya, baru ke Kami, selaku Wali Kota, Jelas Wali Kota Cilegon.

Program Bantuan yang disiapkan Pemerintah jangan sampai Mubazir, dan akhirnya SiLPA. Makanya bentuk Kelompok yang Berbadan Hukum, agar bisa mendapatkan Bantuan, Imbuhnya Tegas.

“Selain itu, Kota Cilegon sekarang sudah dikenal satu-satunya Kota Inovatif yang berhasil mengelola Sampah, membuat Cangkul Merah Putih, yang bekerjasama dengan Krakatau Steel (KS). Makanya, kalau menjadi RT, Gapoktan atau Penyuluh, Jadilah yang Baik. Ayo Berkreatif, kalau perlu mau mendirikan Koperasi Tani atau yang lain, demi Baiknya Cilegon, Silakan, Sambung Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, menutup keterangannya. (AgusS/MTI)