Wak Sanusi, Budayawan Banyuwangi

Sekretariat KOPAT Banyuwangi Diresmikan

MTI Banyuwangi JATIM - Sekretariat Komonitas Osing Pelestari Adat Tradisi (KOPAT) Banyuwangi akhirnya secara sah diresmikan dan acara tersebut diselenggarakan di Dusun Dukuh, Desa/ Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa timur pada hari Minggu (15/11/2020), pukul 14.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa Tokoh Veteran Pejuang 45, Budayawan Banyuwangi dan beberapa Tokoh dari berbagai Komunitas Osing di Banyuwangi.

Komunitas Osing Pelestari Adat Tradisi (KOPAT) Banyuwangi dipimpin oleh Kang Wowok, pemilik Warung Kemarang.dan didukung oleh beberapa Tokoh Seni dan Budaya, seperti Wak Sanusi, Tokoh Kesenian dari Kecamatan Glagah.

Wak Usik, panggilan akrab Wak Sanusi adalah termasuk salah satu Pendiri KOPAT menuturkan, “Bahwasannya KOPAT ini sudah didirikan sejak 10 tahun yang lalu, tujuan dari KOPAT itu sendiri ingin Adat dan Tradisi Asli Orang Osing tidak punah tergeser oleh Mordenisasi,” Tutur Wak Usik kepada MTI.

Menurut Wak Usik, “Bahwa Adat dan Tradisi Suku Osing saat ini sudah mulai jarang dijumpai, terutama di tengah Kota Banyuwangi itu sendiri, itu kenapa kami mendirikan KOPAT ini,” Imbuhnya penuh keprihatinan..

“Selama berdirinya Komunitas ini yang sudah berjalan 10 tahun, sudah banyak mensosialisasikan ke beberapa Desa di sekitarnya, namun selama ini pula belum ada Apresiasi ataupun Sumbangsih Pihak Daerah kepada Komonitas ini,” Ungkapnya.

“Namun yang terpenting lagi hari ini, Minggu (15/11/2020), jam 14.00 WIB kami meresmikan Sekretariat KOPAT sekaligus kami adakan acara Santunan Anak Yatim dari lingkungan sekitar sini,” Pungkas Wak Usik dengan wajah ceria. (MY)