Sejumlah Kelurahan di Kota Banyuwangi Terendam Banjir, Bupati Banyuwangi Tinjau Lokasi Terdampak Sejumlah Kelurahan di Kota Banyuwangi Terendam Banjir, Bupati Banyuwangi Tinjau Lokasi Terdampak Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 18 Oktober 2022 / Dilihat 9334 kali

Sejumlah Kelurahan di Kota Banyuwangi Terendam Banjir, Bupati Banyuwangi Tinjau Lokasi Terdampak

MTI Banyuwangi JATIM - Hujan Lebat yang mengguyur Wilayah Kota Banyuwangi, Kabupaten Banyuwang, Provinsi Jawa Timur (Jatim), sejak Minggu Malam (16/10/2022) mengakibatkan sejumlah Sungai meluap hingga menyebabkan Banjir pada Senin Pagi (17/10/2022).

Diperkirakan ada Empat (4) Sungai yang meluap akibat Curah Hujan dengan Intensitas Tinggi selama Enam Jam, yakni Sungai Kaligulung, Sungai Kali Sobo, Sungai Kali Bagong dan Sungai Kalilo, yang menyebabkan Banjir dan merendam Pemukiman Penduduk, di beberapa Kelurahan di Wilayah Kota Banyuwangi, karena Ketinggian Air mencapai Pinggang Orang Dewasa.

Meluapnya Sungai Sobo juga disebabkan Tersumbatnya Aliran Air oleh sebuah Pohon yang tersangkut di Jembatan Sungai Sobo, sehingga Air meluap ke Pemukiman Penduduk.

Banjir tersebut juga mengakibatkan Puluhan Rumah di Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Banyuwangi, Terendam Banjir kiriman sejak Pukul 05.00 WIB Dini Hari.

Menurut keterangan Warga, Banjir yang terjadi di Kelurahan Sumberrejo, khususnya di Lingkungan Krajan, itu karena Banjir kiriman, dan Sungai yang ada di Kelurahan Sumberrejo juga butuh dilakukan Normalisasi dan Plengsengannya juga kurang Tinggi. Meluapnya Air Sungai di Kelurahan Sumberrejo itu katanya tidak hanya sekali, tapi hampir setiap Tahun.

Banjir tersebut juga tidak hanya merendam Rumah Warga, namun juga mengganggu Lalu Lintas karena Akses Jalan Raya Utama Kota Banyuwangi juga Terendam Banjir.

Menyaksikan sebagian Wilayah Kota Banyuwangi dikepung Banjir dan merendam Pemukiman Penduduk di sejumlah Kelurahan di Kecamatan Banyuwang, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, didampingi BPBD dan Dinas terkait, langsung meninjau Lokasi Terdampak.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Turun langsung Gotong Royong membantu Warga dan juga mendatangi Warga yang Terdanpak Banjir di Perumahan Sutri, Kelurahan Sobo.

PLT Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, Ilham Nuzuli, memprediksi Luapan sejumlah Sungai itu bisa merendam Ratusan Rumah Warga, “"Bisa Ratusan Rumah yang Terdampak kalau melihat Luapannya. Kelurahan yang terdampak kalau Kita lihat sekitar Bantaran Tiga Sungai itu, yakni Perumahan Sutri, Perumahan Sobo dan Pemukiman di Muara Kalilo,” Ungkapnya.

“Saat ini Tim Reaksi Cepat BPBD Banyuwangi diterjunkan untuk melakukan Penanganan dan Tindak lanjut di sejumlah Titik Banjir. Luapan Sungai diakibatkan Curah Hujan tinggi sejak Semalam hingga Pagi hari, Hujan masih melanda Wilayah Perkotaan Banyuwangi,” Imbuhnya.

“Penyebabnya Curah Hujan Tinggi sejak semalam, di Wilayah Hulu juga Hujan deras sampai Tadi Pagi, sehingga Sungai meluap. Sampai Tadi Pagi ini juga Banjir,” Tutup PLT Kepala BPBD Kabupaten Banyuwangi, Ilham Nuzuli.

Sementara itu, Kapolsek Kota Banyuwangi, AKP Kusmin,, memimpin langsung Tim SAR Polsek Kota Banyuwangi, merespon Cepat Peristiwa Banjir yang melanda Kota Banyuwangi, dengan melakukan Evakuasi Korban Terdampak Banjir.

Saat melakukan Penyisiran Rumah di Kelurahan Sobo, Kecamatan/ Kabupaten Banyuwangi, Tim SAR Polsek Kota Banyuwangi, menjumpai Dua Warga Lanjut Usia (Lansia) yang Terjebak Banjir di dalam Rumahnya. Melihat hal itu, Kapolsek AKP Kusmin bersama Anggotanya langsung melakukan Evakuasi Dua Warga Lansia tersebut ke Rumah Warga sekitar yang lebih Aman.

Kapolsek Kota Banyuwangi, AKP Kusmin, mengungkapkan, “Saat melakukan Penyisiran, Kami menemukan Dua Lansia yang sedang Terjebak Banjir, maka dengan Sigap, Kami langsung membawanya ke Tempat yang lebih Aman,” Ungkapnya.

“Hujan dengan Intensitas Tinggi sejak semalam tidak hanya merendam rumah-rumah Warga, namun juga meluap ke Jalan Raya di Sobo. Sampai Pagi ini, Air masih menggenang di rumah-rumah Warga. Kami bersama Tim terus bergerak untuk menyelamatkan Warga Terdampak. Termasuk barang-barang yang masih bisa diselamatkan,” Tegas Kapolsek Kota Banyuwangi, AKP Kusmin, menutup keterangannya.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi, Dr. Ir. H. Guntur Priambodo, MM, yang mendampingi Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat meninjau Lokasi Terdampak, mengatakan, “Setelah Hujan surut, Kita akan gunakan Alat Berat untuk menyingkirkan Pohon yang tersangkut di Jembatan, sehingga Air bisa langsung mengalir ke bawah,” Katanya.

“Normalisasi Sungai juga akan Kita lakukan. Termasuk Perbaikan Jembatan bersama PU CKPP. Rencana akan ditinggikan,” Pungkas Kadis PU Pengairan Kabupaten Banyuwangi, Dr. Ir. H. Guntur Priambodo, MM. (Alamsyah/Choky/Mar/Sin/MTI)