Satreskrim Polsek Sumberwringin Dan Pelaku Ilegal Logging

Satreskrim Polsek Sumberwringin Tangkap Pelaku Ilegal Logging Di Sukosari Bondowoso

MTI Bondowoso JATIM – Unit Satreskrim Polsek Sumberwringin Polres Bondowoso mengamankan Surnadi, Warga Dusun Sokle, RT 22 - RW 05, Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, yang kedapatan melakukan Pencurian Kayu (Ilegal Logging) jenis Kayu Sono Keling, Jum’at dini hari (25/02/2021), sekitar jam 02.00 WIB.

"BB Kayu Sono Keling Yang Diamankan Petugas"

Penangkapan dipimpin Kanit Reskrim Polsek Sumberwringin Aipda Adi Ari Sumito, SH, dibantu Bripka Hari Kurniawan dan enam Anggota lainnya.

Menurut keterangan Kanit Reskrim Polsek Sumberwringin Polres Bondowoso, Aipda Adi Ari Suminto, SH, “Kami dapat perintah dari Kapolsek (Kapolsek Sumberwringin, AKP Yunariyanto, SSos) untuk mengkroscek adanya laporan tersebut, setelah kami sampai ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) kami melakukan pengejaran dan mendapatkan kayu di dalam aliran sungai sedalam kurang lebih 5 meter beserta satu Tersangsa dan 2 lainnya masih dalam tahap penyidikan,” Terangnya.

Aipda Adi juga mengatakan, “Alat angkut kayu tersebut masih kami dalami dan kami kembangkan, untuk Barang Bukti (BB) Kayu dan Pelaku kami amankan di Polsek,” Imbuhnya.

Saat MTI Bondowoso menemui Pelaku dalam sel tahanan Polsek Sumberwringin, Pelaku memberikan keterangan dari dalam ruang sel tahanan, kalau dia melakukan pencurian kayu itu tidak sendirian, namun bersama 5 orang teman-temannya. Bahkan Pelaku Surnadi menyebutkan kalau dirinya melakukan pencurian kayu atas perintah atauasuruhan salah satu oknum Petugas Perhutani yang bernama Arik.

Kemudian MTI mencoba menghubungi ADM Perum Perhutani KPH Bondowoso, Andi Adrian, untuk mengkonfirmasi terkait peristiwa tersebut melalui sambungan WhatsAppnya, dan Andi memberikan keterangannya, “Siap mas. Saya juga sudah dapat info terkait itu semua. Sementara saya menunggu info resmi Asper dan hasil Lidik APH,” Terangnya.

“Mohon maaf besok saya ada kegiatan di Surabaya, baru kembali mungkin Minggu malam,” Sambungnya.

Polsek Sumberwringin Polres Bondowoso melakukan pegamanan Barang Bukti dan masih melakukan pemeriksaan saksi saksi. (Tor/Indra)