Satlantas Polresta Banyuwangi Harus Berjibaku Evakuasi Truk Nahas Yang Menutup Badan Jalan dan Urai Kemacetan Satlantas Polresta Banyuwangi Harus Berjibaku Evakuasi Truk Nahas Yang Menutup Badan Jalan dan Urai Kemacetan Media Tipikor Indonesia

Satlantas Polresta Banyuwangi Saat Evakuasi Truk Nahas dan Urai Kemacetan

Redaksi / 01 September 2023 / Dilihat 1154 kali

Satlantas Polresta Banyuwangi Harus Berjibaku Evakuasi Truk Nahas Yang Menutup Badan Jalan dan Urai Kemacetan

MTI Banyuwangi JATIM - Warga Masyarakat Kota Banyuwangi, khususnya Warga yang berada di seputaran Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur (Jatim) dikejutkan dengan Peristiwa tergulingnya Truk Tonton yang diketahui bermuatan Pasir di Jalan. Gatot Subroto, Kelurahan Bulusan, pada Kamis Dini Hari (31/08/2023), diperkirakan sekitar Pukul 30.30 WIB.

Truk Tronton yang diperkiarakan bermuatan 17 Ton tersebut terguling setelah menghantam Pembatas Jembatan, Muatannya berserakan di Jalan dan Posisi Truk hampir menutup Seluruh Badan Jalan. Meski tidak ada Korban Jiwa, namun Arus Lalu Lintas di Jalan yang menuju Pelabuhan Penyebrangan Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi sempat Macet Total bahkan nyaris Lumpuh.

Kemacetan Arus Lalu Lintas selain disebabkan Posisi Truk yang hampir menutup Seluruh Badan Jalan, Kejadian tersebut juga menarik Perhatian Warga Masyarakat sekitar dan Pengguna Jalan. Warga Masyarakat berbondong-bondong berdatangan dan menyemut menyaksikan Truk yang terguling dan Proses Evakuasi Truk Tronton tersebut.

Sehingga membuat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banyuwangi harus Bekerja Ekstra. Dan Satlantas Polresta Banyuwangi langsung menerjunkan Anggotanya di Lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengatur dan mengurai Kemacetan tersebut.

Kasat Lantas Polresta Banyuwangi, Kompol Randy Asdar, SKom, SIK, MSi, melalui Kanit Turjawali Polresta Banyuwangi, Iptu Budi Mujiono, SH, menerangkan, bahwa akibat Kecelakaan Tunggal Kendaraan Truk yang bermuatan Pasir tersebut menyebabkan Kemacetan.

Personel Satlantas Polresta Banyuwangi sudah ditempatkan di Titik kemacetan untuk mengurai kemacetan, Terangnya.

Dalam Pelaksanaan Pengaturan Arus Lalu Lintas, Personel Polresta Banyuwangi memberikan himbauan kepada Pengendara untuk tetap berhati-hati dan selalu waspada dalam berkendara, Imbuhnya.

Menurut Iptu Budi Mujiono, Insiden tersebut diperkirakan terjadi sekitar Pukul 03.30 WIB (Dini Hari). Karena mengalami Kantuk, Sopir akhirnya hilang kendali. Truk tersebut terguling pas di atas Jembatan, mengakibatkan Jembatan Rusak sebagian. Truk Pasir yang terguling tersebut memakan Akses Jalan, sehingga arah menuju ke Utara dan Selatan terjadi Kemacetan Panjang. Sopir Ttruk Pasir saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa Dirinya hilang kendali akibat mengantuk, hingga terjadi Kecelakaan Tunggal dan Truk terguling,” Sambung Iptu Budi Mujiono, SH, Kanit Turjawali Polresta Banyuwangi, mengakhiri keterangannya.

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Banyuwangi, Iptu Dwi Wijayanto, juga menerangkan, bahwa Truk dengan Nopol N 9703 UR yang dikemudian oleh Andika Pratama (24), Warga Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, melaju dari arah Utara menuju ke Selatan, namun saat melintasi Lokasi TKP, Kendaraan Truknya tiba-tiba oleng kemudian Truk terguling setelah menghantam Pembatas Jembatan.

Polisi yang dibantu Warga mengevakuasi Sopir dan mengeluarkan dari Kabin dan berjibaku mengevakuasi Badan Truk yang menutup Jalan, namun karena Truk tersangkut di Jembatan, apalagi Badan Truk Rusak Parah, Truk baru berhasil dievakuasi dengan menggunakan Alat Berat.

“Proses Evakuasi agak sulit, karena Muatan Truk ikut menimpa Bodi Truk,” Ungkapnya.

“Rencananya Truk ini akan mengirim Material Tanah bercampur Pasir ke Pabrik Semen di Banyuwangi. Materail Truk yang tumpah sebagian nyemplung ke arah Sungai. Selama Proses Evakuasi, Lalu Lintas Kita alihkan ke Jalur Lingklar,” Pungkas Iptu D Wijayanto, Kanit Gakkum Satlantas Polresta Banyuwangi.

Kecelakaann Tunggal Truk yang bermuatan Pasir tersebut tidak memakan Korban Jiwa. Sopir Truk Pasir hanya mengalami Luka Memar pada Kaki dan Tangan.
(Reporter: EKA/MAR & Editor: MEDIA TIPIKOR INDONESIA)
#Satlantas Polresta Banyuwangi #Jibaku Evakuasi Truk Nahas #Urai Kemacetan