Santunan Yatim Ranting NU Pakis Di Masa Covid 19 Berjalan Khidmad

Santunan Yatim Ranting NU Pakis Di Masa Covid 19 Berjalan Khidmad

MTI Banyuwangi JATIM - NU (Nahdlatul Ulama) Ranting Pakis, sala satu Kelurahan paling Ujung Selatan di Kecamatan/ Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur di massa Pandemi Covid 19 tetap melakukan salah satu kegiatan yang di rangkum dalam Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), berujud malam Santunan Yatim di sejumlan Anak Yatim dan Fuqara Masakin d Kelurahan Pakis.

"Imron Rohadi, Ketua Ranting NU Pakis"

Hanya teknis mekanismenya sedikit berbeda. Pasalnya di massa Pademi Covid 19, malam santunan tetap mengindahkan Protokol Covid dan Himbauan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten,  yang mana acara tidak menggunakan seremonial serta mengundang hadirkan anak yang disantuni. Tetapi Tim Panitia antara Ketua Ranting NU Pakis, dan Ketua Ta'mir Masjid Nur Yasin Fatima (NYF) bersama panitia yang lain jemput bola pada anak anak yatim, dimulai dari Lingkungan Ujung Barat (Krajan) sampai Ujung Timur Pantai Cemara dan Pantai Sari, usai Shalat Isya', Sabtu (12/09/2020) malam.

"Imrin Rosyadi, Ketua Ta'mir Masjid Nur Yasin Fatimah (NYF)"

Ketua Ranting NU Pakis, Imron Rohadi mengatakan, malam santunan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak mengundang warga NU.

Malam ‘Santunan Yatim’ tahun ini berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya. Teknis kita sekarang, Santunan diserahkan langsung oleh pengurus NU kepada 25 Anak Yatim tanpa menghadirkan warga NU Pakis seperti tahun-tahun sebelumnya. Ini karena himbauan pemererintah untuk menghindari berkumpulnya masa agar memutus Penyebaran Virus Corona,” Terang Imron, yang keseharian mengemban activitas guru di salah satu SMA Negeri di Banyuwangi.

Lanjut Imron, “Walaupun tanpa menghadirkan warga, Insha Alloh santunan dari masyarakat tetap penuh hikmah dan berjalan dengan khidmad dengan cara jemput bola. Barokah menghormat Bulan Mulia (Muharrom) dan menyantuni Anak Yatim, semoga Allloh segera mengangkat wabah Corona. Amin ya robbal alamin,” Ucap Imron.

Sementara Ketua Ta'mir Masjid Nur Yasin Fatimah (NYF), Imron Rosyadi mengatakan kalau yang kita lakukan itu agenda tahunan yang terangkum dalam PHBI.

“Kegiatan ini kegiatan yang rutin kita lakukan di Bulan Muharam setiap tahun. Dan sudah terangkum di agenda Ta'mir dan Ranting NU Pakis. Tahun-tahun sebelumnya berjalan dengan seremonial dengan mengundang hadirkan warga Nahdliyin NU, Kompeten NU Cabang. Tapi tahun ini wabah Pandemi Covid, kita mengindahkan himbauan Pemerintah dengan mentaati Protokol Covid Kesehatan dan memutus mata rantai Covid,” Kata Imron Rosyadi.

Sumber dana ‘Santunan Yatim’ dari tahun ke tahun berasal dari warga Nahdliyin NU, dikoordinir Ranting NU di sejumlah 22 RT di 7 RW/ Lingkungan se Kelurahan Pakis.

Tahun ini Ranting NU Pakis menyantuni sejumlah 25 anak, dan per anak mendapatkan Rp. 1.250.000 plus bingkisan dari ‘Cafe Pintar Cendrawasih’ Lingkungan Krajan. Dhuafa Yatim tingkat SMA, 13 anak @ Rp. 300.000 dan Dhuafa yang belum Tercover 16 anak @ Rp. 200.000, dan santunan bulanan melalui UPZIS Rp. 509.000. Total dana masuk Rp. 43.429.000. (MT).