Polsek Wongsorejo Bersama Warga Desa Wongsorejo Gagalkan Aksi Pencurian Sapi Di Wilkum Polesk Wongsorejo Polsek Wongsorejo Bersama Warga Desa Wongsorejo Gagalkan Aksi Pencurian Sapi Di Wilkum Polesk Wongsorejo Media Tipikor Indonesia

Anggota Polsek Wongsorejo

Redaksi / 16 Juni 2024 / Dilihat 654 kali

Polsek Wongsorejo Bersama Warga Desa Wongsorejo Gagalkan Aksi Pencurian Sapi Di Wilkum Polesk Wongsorejo

MTI Banyuwangi JATIM - Jelang Hari Raya Idul Adha (Hari Raya Kurban) 1445 H, Tahun 2024, Aksi Pencurian Binatang  Ternak, khususnya HEWAN SAPI marak terjadi. Seperti yang terjadi kemarin di Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur (Jatim), tepatnya di Dusun Karangrejo Utara, RT/ RW 001/001, Desa Wongsorejo.

Di tengah Warga yang sedang terlelap dalam Tidurnya, tiba-tiba dibuat Geger dengan Teriakan salah satu Tetangganya yang bernama Untung, yang melihat Hewan Ternaknya sudah tidak berada di Kandangnya. Tentu saja Kepanikan dan Teriakan Untung membuat Tetangganya yang sedang Tidur nyenyak berhamburan keluar mendatanginya.

Pada Sabtu (15/06/2024), sekitar Pukul 01.00 WIB Dinihari, Untung yang akan memberi Makan Hewan Piaraannya, yakni Sapi Betina, menjadi sangat terkejut, ketika Sapi miliknya sudah tidak ada lagi di Kandangnya.

Kemudian Untung melaporkan kejadian yang mmenimpanya ke Kepala Dusun (Kadus) Karangrejo Utara, Risgianto. Setelah mendengar cerita Untung, Kadus Risgianto langsung menghubungi Bhabinkamtibmas Desa Wongsorejo, Polsekta Wongsorejo Polresta Banyuwangi, Aipda Ismail Marzuki, SH, untuk melaporkan Peristiwa Pencurian yang dialami Warganya. Selanjutnya Kadus Risgianto dan Warga Karangrejo Utara bersama-sama melakuikan Penyisiran ke arah Barat.

Sementara Aipda Ismail Marzuki, Anggota Polisi Polsek Wongsorejo, yang kebetulan bertugas sebagai Pengemban Polmas (Polisi Masyarakat) untuk memberikan Pelayanan Bantuan Kepolisian di Desa tersebut, langsung menindaklanjuti Laporan Kadus Desa Binaannya dengan melaporkan kepada Kapolsek Wongsorejo, AKP Eko Darmawan, SH.

Kapolsek Wongsorejo juga merespon cepat adanya Laporan Masyarakat tentang adanya Upaya Tindak Kejahatan yang bergerilya di Wilayah Hukumnya (Wilkum). Kemudian Kapolsek Eko Darmawan langsung memerintahkan Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Wongsorejo, Aipda Oktorio Wisnu dan Ka SPKT Bripka Gedhe Bayu untuk melakukan Penghadangan dan Penutupan Jalur di Jalur Pintu Keluar di Simpang 3 PT. ACN Alasrejo.

Kanit Reskrim Aipda Oktorio yang mendapat Perintah Kapolsek Eko, bersama Anggotanya segera bergegas melakukan Penyisiran dari Arah Pancoran Sidowangi. Respon Cepat yang dijalankan Satuan Kepolisian Polsek Wongsorejo Polresta Banyuwangii dan dibantu Warga Masyarakat Dusun Karangrejo Utara rupanya tidak sia-sia.

Gerak Cepat Polisi dan Warga Masyarakat secara bersama-sama, rupaya sudah diketahui oleh Pelaku Pencuri Sapi Untung. Melihat geraknya sudah tertutup dan terkepung dari segala arah, Pencuri tersebut memilih melarikan diri dan kabur.  Sementara Sapi hasil Upaya Nyolongnya ditingggalkan begitu saja. Infonya, Sapi tersebut ditemukan sekitar Pukul 02.30 WIB Dinihari.

“Pelaku Pencurian kabur melarikan diri, karena ketakutan dikepung oleh Masyarakat. Kasus ini masih dalam pendalaman,” Ungkap Kanit Reskrim Aipda Oktorio.

Sementara itu, Kapolsek Wongsorejo, AKP Eko Darmawan, SH, kepada Warttawan menerangkan, bahwa Pemilik Sapi tersebut awalnya mau memberi makan dan sekaligus memriksa Hewan Ternaknya. Namun salah satu Sapi yang berjenis kelamin Betina sudah tidak terlihat lagi di Kandangnya.

Menurut Kapolsek Edi, mengetahui Sapi miliknya sudah tidak ada lagi di Kandang, Untung, Korban Pencurian segera melaporkan Peristiwa yang dialaminya kepada Pemerintah Desa dan Pihak Kepolisian. Setelah mendapat Laporan adanya Tindak Pencurian Sapi milik Warga, Kapolsek langsung memberikan Perintah Unit Reskrim Polsek Wongsorejo untuk bergerak.

Setelah melakukan Identifikasi di Lokasi Kejadian, Polisi mendapat Informasi, jika Sapi tersebut belum lama dibawa Kabur Pelaku. Unit Reskrim Polsek Wongsorejopun langsung melakukan Pengepungan dan Penghadangan di Jalan Utama maupun Jalan Desa. Tidak butuh Waktu lama, Polisi berhasil menemukan Sapi tersebut. Namun Polisi tidak berhasil menemukan Pelaku, karena Sapi tersebut sengaja ditinggalkan. Selain itu, di Lokasi Penemuan Sapi milik Untung tersebut juga tidak tampak Seorangpun.

Respon Cepat yang dilakukan Anggota Kepolisian Polsek Wongsorejo tersebut, berkat Program yang digalakkan oleh Kapolsek Eko Darmawan, yang memetakan Posisi Anggotanya dengan membagi Wilayah KRING SERSE.

Sehingga, ketika ada sebuah Peristiwa yang terjadi di Wilkumnya, Anggotanya sudah memahami tentang Tugas dan Teknik Penyisiran di Lapangan. Namun yang lebih Penting, Kebersamaan dan Sinergitas antara Kepolisian dan Warga Masyarakat mesti tetap selalu digalakkan dan dijaga, sehingga KAMTIBMAS tetap terkendali.
(Reporter: RUDI B & Editor: MEDIA TIPIKOR INDFONESIA)
# Polsek Wongsorejo Bersama Warga Desa Wongsorejo Gagalkan Aksi Pencurian Sapi Di Wilkum Polesk Wongsorejo
#Kapolsek Wongsorejo, AKP Eko Darmawan, SH.
#Kanit Reskrim Polsek Wongsorejo, Aipda Oktorio Wisnu
#Ka SPKT Bripka Gedhe Bayu
#Kadus Karangrejo Utara, Risgianto #Bhabinkamtibmas Desa Wongsorejo, Aipda Ismail M
#Kanit Reskrim Polsek Wongsorejo, Aipda Oktorio Wisnu
#Ka SPKT Bripka Gedhe Bayu