Polresta Banyuwangi Beri Dukungan Terhadap PIP Dengan Berbagi Buku Untuk Meningkatkan Literasi Polresta Banyuwangi Beri Dukungan Terhadap PIP Dengan Berbagi Buku Untuk Meningkatkan Literasi Media Tipikor Indonesia

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, SH, SIK, MIK

Redaksi / 03 September 2023 / Dilihat 327 kali

Polresta Banyuwangi Beri Dukungan Terhadap PIP Dengan Berbagi Buku Untuk Meningkatkan Literasi

MTI Banyuwangi JATIM - Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Presiden Jokowi) telah menetapkan Program Indonesia Pintar (PIP) yang sesuai Amanat Nawacita. Melalui Program tersebut, Pemerintah berupaya mencegah Peserta Didik dari Putus Sekolah dan Siswa yang terlanjur Putus Sekolah bisa kembali melanjutkan Pendidikannya.

Selain itu melalui PIP diharapkan dapat meringankan Biaya Peserta Didik, baik Biaya langsung maupun tidak langsung. Program Indonesia Pintar (PIP) juga merupakan bentuk Komitmen Pemerintah untuk memenuhi Keadilan Sosial Ekonomi kepada Masyarakat melalui Pembangunan Pendidikan.

Merujuk Amanat Nawacita, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan 6 (Enam) Program Prioritas, yakni Program Indonesia Pintar (PIP), Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Revitalisasi Pendidikan Vokasi, Zonasi Pendidikan, Pemajuan Kebudayaan dan Digitalisasi Sekolah.

Prgram tersebut bertujuan meningkatkan Kualitas dan Pemerataan Akses Pendidikan bagi seluruh Anak di Indonesia. PIP dirancang untuk membantu Anak Usia Sekolah dari Keluarga Miskin dan Rentan Miskin agar tetap mendapatkan Layanan Pendidikan Formal dan Non Formal.

Program tersebut tidak hanya menyasar daerah Perkotaan saja, tetapi juga Daerah Terdepan, Terluat dan Tertinggal (3T). Sedangkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan Kebijakan Pemerintah yang mendorong Peran Tripusat Pendidikan, yakni Sekolah, Keluarga dann Masyarakat. Tujuannya untuk menumbuhkan Nilai Religius, Nasionalisme, Kemandirian dan Integritas.

Dan untuk memberikan dukungan terhadap Program Indonesia Pintar (PIP) yang dicanangkan Presiden Jokowi tersebut, Polresta Banyuwangi menunjukkan komitmennya dalam mendukung Pendidikan dan Literasi di Wilayah Kabupaten Banyuwangi, dengan meluncurkan Program “Berbagi Buku yang merujuk “Program POLRI Peduli Budaya Literasi. Distribusi Buku Sampai Pelosok Nusantara”.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, SH, SIK, MIK, secara simbolis memberangkatkan Pendistribusian Program Sedekah Buku, pada Kamis (31/08/2023).

Program tersebut merupakan Upaya Nyata Polresta Banyuwangi untuk ikut meningkatkan Minat Baca Anak-Anak dan Masyarakat Umum hingga di Pelosok Desa. Total 100 Ribu Buku, yang mencakup Buku Pelajaran dan buku-buku lain yang sesuai dengan berbagai Kelompok Usia telah dialokasikan untuk merealisasikan Program tersebut.

Polresta Banyuwangi telah melakukan Koordinasi dengan Polsek Jajaran di seluruh Wilayah untuk memastikan Distribusi Buku ini sampai ke Pelosok Desa yang membutuhkan.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, SH, SIK, MIK, menyatakan tentang Pentingnya Upaya Literasi ini dalam Perkembangan Masyarakat.

Kami percaya bahwa dengan memberikan Akses mudah ke buku-buku ini, Kita membangun Fondasi yang kuat untuk Masa Depan yang lebih Cerah. Literasi adalah Kunci bagi Perkembangan Intelektual dan Ekonomi, Polresta Banyuwangi berkomitmen untuk mendukungnya,” Kata Kapolresta Kombes Pol Deddy Foury Millewa.

Masyarakat memberikan Respon Positif terhadap Program Sedekah Buku Polresta Banyuwangi tersebut. Siti Rahayu, Seorang Warga Desa yang menerima Buku, menyatakan, Kami bersyukur atas Inisiatif ini. Anak-anak Kami sekarang memiliki lebih banyak Sumber Daya untuk Belajar dan bermimpi besar,” Ungkapnya.

Selain Pendistribusian Buku, Polresta Banyuwangi juga berencana untuk mengadakan berbagai Kegiatan Literasi di berbagai Desa, seperti Baca Buku bersama, Ceramah Literasi, dan Workshop Menulis. Program ini bertujuan untuk menginspirasi Generasi Muda untuk Mencintai Membaca dan Terlibat Aktif dalam Dunia Literasi.

Program “Berbagi Buku oleh Polresta Banyuwangi adalah Langkah Positif dalam mendukung Pendidikan dan Literasi di Kabupaten Banyuwangi. Diharapkan Program tersebut dapat memberikan Dampak Positif yang besar bagi Anak-anak dan Masyarakat setempat.
(Reporter: Humas/MAR/EKA & Editor: MEDIA TIPIKOR INDONESIA)
#Program Indonesia Pintar (PIP) #Polresta Banyuwangi #Berbagi Buku #Meningkatkan Literasi