Polres Tual Dan Polres Malra Ikuti Apel Puncak HUT Bhayangkara Ke 76 Secara Virtual Polres Tual Dan Polres Malra Ikuti Apel Puncak HUT Bhayangkara Ke 76 Secara Virtual Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 05 Juli 2022 / Dilihat 77 kali

Polres Tual Dan Polres Malra Ikuti Apel Puncak HUT Bhayangkara Ke 76 Secara Virtual

MTI Malra MALUKU - Acara Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, digelar di Kampus Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang hari ini. Kegiatan itu diikuti seluruh Jajaran Polda dan Polres, baik secara langsung maupun Virtual, Selasa Pagi (05/07/2022).

Kegiatan Apel HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, yang berpusat di Akpol Semarang ini diikuti langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menjadi Inspektur Upacara Apel tersebut.

Polres Tual dan Polres Maluku Tenggara mengikuti Apel Puncak HUT Bhayangkara Ke 76 Tahun 2022 secara Virtual, yang bertempat di Lapangan Apel Polres Tual. Peringatan HUT Bhayangkara kali ini mengangkat Tema “Polri Yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Tangguh-Indonesia Tumbuh”.

Pelaksanaan Upacara pada Lapangan Apel Polres Tual yang diikuti Kapolres Tual AKBP Dax Emmanuelle Samson Manuputty, SIK, Kapolres Maluku Tenggara AKBP Frans Duma PS, Wakapolres Tual Kompol Syahirul Awab, SIK, SSos, Wakapolres Malra Kompol D. Ubro, Danki 1 Yon C Pelopor, Iptu Arifin Wakanubun, Pejabat Utama (PJU) serta Perwira Polres Tual, PJU Polres Malra dan Peserta Upacara.

Amanat Presiden RI, Joko Widodo, dalam Upacara Hari Bhayangkar ke 76, menyampaikan, “Atas Nama Rakyat, Bangsa dan Negara, Saya mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 76 dan memberikan Penghargaan atas Kerja keras Polri dalam Melayani Rakyat dan dalam Membela Bangsa dan Negara. Saya dan seluruh Rakyat Indonesia menaruh Harapan besar kepada Polri. Kewenangan Polri sangat Besar.

Organisasi Polri menembus sampai Tingkat Desa dan setiap Hari, Anggota Polri besentuhan langsung dengan Masyarakat. Di manapun Saudara bertugas, Saudara selalu dalam Pengamatan Rakyat, Saudara selalu dalam Penilaian Rakyat. Rakyat menilai, apakah Perilaku Polri sesuai dengan Harapan Rakyat.

Survei terbaru Kompas kemarin, 58,3 Persen, Responden menyatakan Tindakan Polri sudah sesuai dengan Visi Presisi. Tapi ingat, 28,6 Persen menyatakan belum sesuai. Selain membaca Survei, Saya juga terus mengikuti Pemberitaan di Media Konvensional dan Media Sosial. Setiap Kecerobohan di Lapangan, sekecil apapun, akan merusak Kepercayaan Masyarakat terhadap Institusi Polri. Oleh karena itu, bekerjalah dengan hati-hati, bekerjalah dengan Presisi.

Banyak Agenda Nasional lain yang harus didukung oleh Polri, Pembangunan Ibu Kota Negara. Pindah Ibu Kota adalah Pindah Cara Kerja untuk membangun Motor Kemajuan Indonesia ke depan. Polri harus mengawal agar dapat berjalan lancar dan Tepat Waktu, Agenda G20 yang sudah berlangsung, harus terus dikawal. Puncaknya nanti adalah KTT G-20 di bulan November yang akan dihadiri para Kepala Negara Anggota G-20, dan Agenda besar Demokrasi Pileg, Pilpres, dan Pilkada serentak harus diantisipasi dengan baik. Berikan Dukungan Kamtibmas secara Maksimal agar Pesta Demokrasi ini bisa berjalan dengan baik.

Keluarga Besar Polri yang Saya hormati, guna menghadapi Tugas Polri yang semakin berat, Individu Anggota Polri dan Kelembagaan Polri harus terus berinovasi. Harus semakin Adaptif, Responsif, dan Bertransformasi menjadi Institusi Modern dan Bersinergi dengan TNI, Kementerian, dan Lembaga dalam menjalankan Tugasnya.

Saya perlu ingatkan, Rasa Keadilan dan Kemanfaatan Hukum harus dirasakan oleh Masyarakat. Polri harus mengedepankan Upaya Pencegahan dalam Menjaga Kamtibmas. Lakukan berbagai Tindakan Pemolisian dengan Humanis, namun Tegas ketika diperlukan. Jadikan Penegakan Hukum sebagai Upaya Terakhir, harus Taat Prosedur dan Menjunjung Tinggi HAM. Semoga Bhayangkara Polri yang Gugur dalam Tugas diberikan Tempat yang Mulia di Sisi Tuhan Yang Maha Esa. Semoga seluruh Personel Polri dan Keluarganya senantiasa diberikan Kesehatan dan Keselamatan”.

Turut hadir dalam kegiatan Upacara, Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge S.E, Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut, SE, Ketua Pengadilan Tual Rosyadi, SH, MH, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma, SE, MTr, (Hanla), Danlanud Dumatubun Langgur Letkol Pnb Ruli Surya Prihanto S, Kasdim 1503/Tual Mayor Inf Isak Yambormase, Pj Funsional Kejari Tual George Rober Hukum, Pimpina OPD Lingkup Kabupaten Malra dan Kota Tual, Pimpinan BUMN Kota Tual dan Kabupaten Malra, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta Tamu Undangan lainya.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan Acara Syukuran Hari Bhayangkara ke 76 Tahun 2022. (Theo/MTI)