Polres Kerinci Ikuti Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke 76 Secara Virtual Polres Kerinci Ikuti Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke 76 Secara Virtual Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 06 Juli 2022 / Dilihat 78 kali

Polres Kerinci Ikuti Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke 76 Secara Virtual

MTI Kerinci Jambi - Acara Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, digelar di Kampus Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang hari ini. Kegiatan itu diikuti seluruh Jajaran Polda dan Polres, baik secara langsung maupun Virtual, Selasa Pagi (05/07/2022).

Kegiatan Apel HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, yang berpusat di Akpol Semarang ini diikuti langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menjadi Inspektur Upacara Apel tersebut.

Polres Kerinci mengikuti Apel Puncak HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022 secara Virtual, bertempat di Aula Tri Brata Polres Kerinci.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Kerinci AKBP Agung Wahyu Nugroho, SIK, MH, Bupati Kerinci Dr. H Adi Rozal,  Walikota Sungai Penuh diwakili Sekda Kota Sungai Penuh Alpian, SE, MM, Dandim 0417 Kerinci Letkol Inf Ikhsanudin, SSos, MM, Kajari Sungai Penuh Ristopi Sumedi, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Sungai Penuh Eka Prasetya Budi Dharma, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Sungai Penuh Asrori Amin, SHi, MHi, Ketua DPRD Kota Sungai Penuh H. Fajran, SP, MSi, Waka Polres Kerinci Kompol Wirmanto Dinata, SAg, MM, Kasdim 0417/Kerinci Mayor Chb Yusnaedi, Danki Brimob Kompi 3 Batalion B Plopor AKP Panahatan Hutapea, Kakan Kemenag Kota Sungai Penuh Hardiman, SAg, MM, Kakan Kemenag Kabupaten Kerinci Pahrizal, SAg, MM, Danramil 417/01 Kapten Inf Damrusmi, Danramil 417/02 Kapten Inf Sunasri, Danramil 417/03 Lettu Inf Welma Feri, Danramil 417/05 Kapten Inf Umar, Danramil 417/06 Kapten Chb Firman, Pasi Inteldim Lettu Inf Yelpanidi, Pasi Logdim Lettu Chb Amril, Pasandi Letda Inf Tajibar, Para Kabag Polres Kerinci, Para Kasat Polres Kerinci.

Dalam Amanatnya, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, menyampaikan:

1. Atas nama Rakyat, Bangsa dan Negara, Saya menyampaikan Selamat Hari Bhayangkara ke 76 dan memberikan Penghargaan atas Kerja keras Polri dalam Melayani Rakyat dalam Membela Bangsa dan Negara.

2. Saya dan seluruh Rakyat Indonesia menaruh Harapan besar kepada Polri, Kewenangan Polri, Kewenangan Polri sangat besar, Organisasi Polri menembus sampai ke Tingkat Desa dan setiap Hari, Anggota Polri bersentuhan langsung dengan Masyarakat, bersentuhan langsung dengan Rakyat di manapun saudara-saudara bertugas. Saudara-saudara selalu dalam Pengamatan Rakyat, saudara-saudara selalu dalam Penilaian Rakyat, Rakyat menilai, Apakah Perilaku Polri sesuai dengan Harapan Rakyat.

3. Survei terbaru Kompas, kemarin Saya melihat 58,3% Responden menyatakan Tindakan Polri sudah sesuai dengan Visi Presisi, tapi ingat ada 28,6% menyatakan belum selesai. Selain membaca Survei, Saya juga terus mengikuti Pemberitaan di Media Konvensional dan Media Sosial, setiap Kecerobohan apapun di Lapangan, sekecil apapun itu bisa merusak Kepercayaan Masyarakat terhadap Institusi Polri. Oleh karena itu bekerjalah dengan hati-hati, bekerjalah dengan Presisi.

4. Tugas berat Kita bersama masih banyak: Pertama Pandemi Covid 19 masih perlu Penanganan yang Serius. Saya minta Polri selalu Siaga dalam Penanggulangan Covid 19. Kedua, Kita harus Waspada terhadap Ketidakpastian Global Krisis Energi, Krisis Pangan, dan Krisis Keuangan. Oleh sebab itu, Polri harus memastikan Kamtibmas agar Kita lebih Kokoh dalam menghadapi tantangan-tantangan ini. Ketiga, Kita harus semakin Siap dalam menghadapi Ancaman Kejahatan berbasis Teknologi terbaru, Oleh sebab itu, Polri harus lebih Maju dibandingkan Pelaku Kejahatan. Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan Penguasaan Teknologi.

5. Banyak Agenda Nasional lain yang harus didukung oleh Polri. Pertama, Pembangunan Ibukota Negara, Pindah Ibukota adalah Pindah Cara kerja untuk membangun Motor Kemajuan Indonesia ke depan. Polri harus mengawal agar dapat berjalan Lancar dan Tepat Waktu. Kedua, Agenda G20 yang sudah berlangsung dan harus terus dikawal. Puncaknya nanti adalah KTT G20 di bulan November di Bali, yang akan dihadiri oleh para Kepala Negara Anggota G20. Ketiga, Agenda Besar Demokrasi, Pileg, Pilpres dan Pilkada serentak Tahun 2024 harus diantisipasi dengan baik, Berikan Dukungan Kamtibmas secara Maksimal agar Pesta Demokrasi ini bisa berjalan dengan baik.

6. Guna menghadapi Tugas Polri yang semakin berat, Individu Anggota Polri dan Kelembagaan Polri harus terus berinovasi, harus semakin Adaptif, Responsif dan Bertransformasi menjadi Institusi Modern, bersinergi dengan TNI, Kementerian dan lembaga-lembaga dalam menjalankan Tugasnya.

7. Saya perlu mengingatkan, Rasa Keadilan dan Kemanfaatan Hukum harus dirasakan oleh Rakyat, harus dirasakan oleh Masyarakat. Polri harus mengedepankan Upaya Pencegahan dalam menjaga Kamtibmas. Lakukan berbagai Tindakan Pemolisian dengan Humanis, namun Tegas ketika diperlukan. Jadikan Penegakan Hukum sebagai Upaya Terakhir, harus Taat Prosedur dan menjunjung tinggi Hak asasi Manusia.

8. Saya mengajak Kita semua untuk berdoa, semoga Bhayangkara Polri yang Gugur dalam Tugas diberikan tempat yang Mulia di Sisi Tuhan Yang Maha Esa. Semoga seluruh Personel Polri dan Keluarganya senantiasa diberikan Kesehatan dan Keselamatan.

Kegiatan Upacara Virtual dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 selesai Pukul 08.50 WIB dalam keadaan Aman dan Kondusif. (Erik/MTI)