Polres Kerinci Berhasil Gagalkan Peredaran Narkotika Jenis Ganja

Polres Kerinci Berhasil Gagalkan Peredaran Narkotika Jenis Ganja

MTI Kerinci JAMBI - Markas Polisi Resor (Mapolres) Kerinci berhasil menggagalkan Peredaran Narkotika jenis Ganja senilai Rp. 40 Juta, sebanyak 4 paket besar. Tersangka yang berinisial LL telah diamankan di Mapolres Kerinci, satu orang Tersangka lainnya dalam pengejaran pihak Kepolisian Polres Kerinci.

AKBP Agung Wahyu Nugroho, SIK, MH didampingi Wakapolres Kompol L. Sitinjak menjelaskan dalam Konfrensi Pers, pada hari Senin (18/01/2021), sekitar pukul 9.00 WIB sampai selesai. Satu Tersangka telah diamankan dari tempat kediamannya, di Daerah Puncak, Jalan. Lintas Sungai Penuh - Padang Km.12, satu Tersangka lainnya masih dalam pengejaran Polisi / DPO.

“Kami berhasil mengamankan 4 paket besar Narkotika jenis Ganja, satu unit Telepon Seluler, dan Pembungkus Barang Bukti. Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat,” Paparnya.

Kasat Narkoba Polres Kerinci bersama Tim Personilnya menyelidiki dan mengatur strategi menyergap Pelaku, “Alhasil, satu orang Pelaku bersama Barang Bukti berhasil diamankan dan satu orang Pelaku lainnya masih DPO,” Ujar Perwira No. 1 di Polres Kerinci.

Iptu Saprizal, SH, MH, Kasatres Narkoba Polres Kerinci menambahkan, bahwasannya Pelaku ada 2 orang, satu pelaku berhasil diamankan bersama barang bukti, satu Pelaku lainnya masih dalam pengejaran Polisi. Setelah mendapat intruksi dari Kapolres, Penyergapan yang dipimpin langsung Iptu Saprizal berangkat ke TKP bersama Anggotanya. Dengan mengatur strategi dan perencanaan yang matang, akhirnya kerjasama Tim Reskrim Narkoba, pada Rabu (13/01/2021), sekitar pukul 11.00 WIB, Tersangka dapat kita amankan,” Terang Saprizal.

Pelaku (LL) menjelaskan, bahwa dia hanya disuruh temannya yang mau berangkat ke Kota Padang, “Beliau menyuruh saya untuk memgambil barang yang terkubur di Kebun dekat Pondok, setelah barang digali dan diambil, ternyata isinya Narkotika jenis Ganja dalam paket besar. Setelah barang diambil, terjadilah penyergapan oleh pihak Reskrim Polres Kerinci, sementara saya tidak tau apa dengan barang tersebut,” Jelas Tersangka LL.

“Dalam penyelidikan Reskrim Narkoba diketahui, bahwa Narkotika jenis Ganja dikirim dari Padang dan salah seorang Pelaku lainnya diperkirakan berada di Kota Padang, Sumatra Barat, dan kami akan bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Sumatra Barat untuk memburu Pelaku dan kemungkinan lainnya kasus ini akan kami kembangkan,” Tutur Kapolres Tegas.

Tersangka dikenakan tuntuan UU. Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, Pasal 114, ayat (2) UU Narkotika menyebutkan, “Dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, atau menerima Narkotika Golongan I, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang dalam bentuk tanaman, beratnya melebihi 1 (satu) kilogram atau melebihi 5 (lima) batang pohon atau dalam bentuk bukan tanaman beratnya 5 gram, dipidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 tahun, dan juga dipidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga)’. Serta UU 35 Tahun 2009, Tentang Narkotika, Pasal 112, ayat (1) menyebutkan, “Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 800 Juta dan paling banyak Rp. 8 Miliar.

Untuk informasi selanjutnya, Polres Kerinci akan mendalami kasus ini dan akan dilakukan kembali Pers Realis di Mapolres Kerinci. (Erik)