Kadis Kesehatan Kota Palopo, Taufiq, M.Kes

PKM Kota Palopo Ditutup Setelah 11 Nakes Positif Covid 19

MTI Palopo SULSEL - Kembali Zona Merah Penyebaran Covid 19. Lantaran satu Pusat Pelayanan Kesehatan di Kota Palopo ditutup sementara setelah 11 Tenaga Kesehatannya (Nakes) yang terkonfirmasi Positif Covid 19.

Adalah Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) atau Puskesmas Wara yang ditutup sejak sejak Sabtu (24 Oktober 2020) dan akan kembali dibuka pada 31 Oktober 2020 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kadis Kesehatan Kota Palopo, Taufiq, M.Kes kepada awak media, Minggu (25/10/2020). Taufik mengungkapkan, 11 tenaga Kesehatan di PKM Wara ini terdiri dari 9 tenaga Bidan dan 2 lainnya adalah tenaga Administrasi.

“11 orang tersebut terdiri dari 9 orang Bidan dan 2 tenaga Tata Usaha,” Jelas Taufiq kemarin.

Taufiq mengungkapkan, awal mula diketahui nakes tersebut terkonfirmasi positif berawal saat salah seorang Bidan merawat keluarganya yang terpapar Covid 19.

Mengantisipasi agar tak menular, sebut Asisten II Setda Kota Palopo ini, pihak Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas melakukan Tracing atau Penelusuran Kontak dengan Bidan yang lebih awal terkena Covid 19.

“Kita sempat Swab PCR 18 orang, hasilnya 11 yang positif. Untuk itu, sementara waktu PKM kita tutup, agar wabah pandemi ini tidak menular ke masyarakat lainnya,” Tegas Taufik.

“Saat ini 11 nakes tersebut menjalani Wisata Covid 19 di Makassar,” Ujar Taufiq.

Taufik menyebutkan, selama Pandemi Covid 19, jumlah Tenaga Kesehatan terpapar Positif Corona mencapai 40 orang.

“Untuk Tenaga Kesehatan yang saat ini terkonfirmasi Covid 19 mencapai 40 orang, termasuk Puskesmas Wara dan ada juga sudah sembuh,” Terang Taufik.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh selain di PKM Wara, Nakes di RSUD Sawerigading juga ada yang terpapar Covid 19. Diantaranya ada salah satu dokter ahli bersama istri. Mereka saat ini juga menjalani wisata Covid 19 di Makassar.

Informasi penutupan sementara pelayanan PKM Wara terpajang di depan pagar yang diketahui oleh Kepala Puskesmas Wara, Tenrigau Nursim yang menyatakan, mulai Sabtu 24 Oktober 2020 pelayanan di PKM Wara ditutup dan akan dibuka kembali pada 31 Oktober 2020. Dan bagi pasien yang mau berobat untuk sementara dialihkan ke PKM lain terdekat.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, Sabtu 24 Oktober 2020, jumlah kasus Terkonfirmasi Positif Covid 19 sebanyak 85 orang, 229 dinyatakan sembuh, dan meninggal dunia 14 orang, sehingga total 328 kasus. (Rasyid)