Pilkada Moment Ajang Adu Visi Misi Bukan Caci Maki

Pilkada Moment Ajang Adu Visi Misi Bukan Caci Maki

Oleh: EKO FEBRIANTO (Ketum LSM Siti JJenar)

Jelang berlangsungnya Pilkada serentak Tahun 2020, saya kembali mengingatkan bahwa ‘Kontestasi Pilkada’ harus berlangsung secara damai. Untuk itu dalam kontestasi tersebut adalah ‘Moment Ajang Adu Visi Misi, dan Bukan Caci Maki’. Khususnya saya memberikan himbauan ini kepada para Timses dan Simpatisan para Calon Peserta Pilkada di Situbondo.

Momen tahapan Pilkada di Situbondo ini harus dijadikan sebagai persaingan menyampaikan ide dan gagasan, ajang adu Visi Misi dan Program, serta lomba kecerdasan strategi untuk meraih simpati dan dukungan rakyat. Jauhkan Pilkada ini dari pertentangan dan permusuhan yang dapat memporak-porandakan Persatuan kita.

Saya hanya menginginkan masyarakat Situbondo meski berbeda pilihan, tetap harus dewasa dalam berpolitik, dan hal ini menjadi nilai yang tidak bisa ditawar dan harus tetap dipertahankan.

Untuk itu, Esensi yang harus dikembangkan dalam Pilkada oleh para Calon dan Timsesnya adalah ‘Momen atau Kesempatan untuk menyampaikan Visi dan Misi juga Program andalan, bukan saling Caci Maki seperti yang terjadi dan kita perhatikan bersama belakangan ini.

Maka menurut saya ‘Cintailah Paslon pilihanmu sedang-sedang saja, karena boleh jadi suatu waktu engkau akan membencinya. Sebaliknya Bencilah Lawan Politikmu juga sedang-sedang saja, karena boleh jadi suatu waktu dia menjadi orang yang kau Puja setinggi langit’.

Oleh sebab itu seluruh pihak dan masyarakat harus berkomitmen memastikan stabilitas politik dan keamanan selalu terjaga. Mulai dari sebelum pelaksanaan Pilkada maupun sesudah Pilkada 9 Desember mendatang.

Ini adalah suara mayoritas masyarakat Situbondo yang menginginkan Proses Pendewasaan dalam berpolitik. Masyarakat menginginkan pembelajaran Politik yang Cerdas dan Santun sesuai adat ketimuran kita, bukan dengan cara memprovokasi dan cenderung membuat ‘Pro Kontra’ di akar rumput.

Mayoritas element warga Situbondo juga tidak ingin kita terperangkap dalam Suasana yang tidak kondusif menjelang Pilkada serentak 9 Desember mendatang ini.

Karenanya Eforia atau Ekspresi Kegembiraan Pesta Demokrasi Pilkada Desember nanti harus didorong dengan cara Berpolitik yang Santun dan Cerdas, bukan mengembangkan ujaran kebencian dan caci maki, apalagi harus Menyerang Pribadi Para Calon Peserta Pilkada nanti, dan yang tidak ada kaitannya dengan kinerja para Paslon di tempat kerja yang lama.

Semua komunitas masyarakat harus menyuarakan aspirasi dan dukungan kepada kedua Pasangan Calon Peserta Pilkada yang sudah mendaftar ke KPU Situbondo, dengan cara yang elegan, memberikan kebahagiaaan bersama, menyenangkan dan memikat, agar suasana Pesta Demokrasi 5 Tahunan ini bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat Situbondo.

Kalah menang dalam setiap persaingan adalah hal yang biasa, namun bagaimana kita bisa memberikan sesuatu yang positif yang bisa menjadi teladan bagi yang lainnya, dan yang tak kalah penting yang mesti selalu kita jaga bersama adalah ‘Rasa Persatuan dan Kesatuan’ kita sebagai warga masyarakat Situbondo dan sebagai Bangsa Indonesia.

“Mari Kita Sukseskan Bersama Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Sukses Pilkadanya dan Bahagialah Warganya” MERDEKA !!!