Pengadaan Pajero Sport Untuk DPRD Magetan

Pengadaan Pajero Sport Untuk DPRD Magetan

MTI Magetan JATIM - Di tengah tengah situasi keprihatinan kita semua dalam menghadapi mewabahnya Virus Pandemi Covid 19 atau Virus Corona yang masih belum tuntas hingga saat ini, justru Pemerintah Kabupaten Magetan memberikan fasilitas Kendaraan dan Rumah Dinas buat Ketua DPRD Kabupaten Magetan ditambah lagi Mobil Dinas. Peratuaran itu memang tertuang pada UU No. 18 Tahun 2017 Tentang Pengadaan yang terurai di atas, untuk setiap Pimpinan DPRD Kabupaten Magetan.

"Pangayoman, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magetan"

Diantara Wakil Rakyat yang mendapat Mobil Dinas Operasional yaitu Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Sujatno, SE, MM dan 3 unit untuk para Wakil DPRD, Pengayoman, Suratman dan Nurwakhid.

Setelah dilantik maka Pemerintah Kabupaten Magetan harus menyediakan tunjangan berupa Mobil Kedinasan dan Rumah Dinas atau Uang Transpotasi yang tidah boleh melebihi tunjangan tersebut di atas. DPRD Provinsi maupun Pusat dengan besaran Rp. 12 juta, sedangakan Tunjuangan Uang Transportasi untuk para Anggota DPRD diberikan uang sejumlah Rp.  7 juta per Anggota serta Uang Reses, Uang Belanja Rumah Tangga dan Uang Kunjungan Kerja.

Winarto, SSn, Sekretaris Dewan DPRD Magetan kepada rekan-rekan Media mengatakan, “Pengadaan Mobil baru untuk para Wakil Ketua untuk menunjang kerja para Pimpinan. Karena Mobil Operasional yang lama sudah lima tahun lebih, dan tercatat sudah 5 kali mogok dan pembiayaan perawatannya mahal. Selain itu melihat kondisi Geografis Magetan yang terdiri daerah pegunungan, maka kami pilih jenis Pajero yang kuat di medan berat,” Jelasnya.

Selanjutnya Mobil yang lama jenis Honda CRV akan dikembalikan ke Pemda sebagai Inventaris Pemda.

Untuk memenuhi kebutuhan ke empat mobil tersebut Negara harus mengeluarkan Dana sebesar RP. 2.288 Milyar. Sedang untuk tiga Wakil mendapat Operasional Mobil berkelas Pajero Sport Ultimate warna Hitam seharga Rp. 539 juta per unitnya, yang diambil dari APBD Magetan 2020.

Wakil Ketua DPRD Magetan Pengayoman menjelaskan, “Pengadaan Mobil Dinas DPRD ini adalah Amanah Undang-Undang, karena secara aturan pengadaan Mobil Dinas ini memang diatur UU. Sesuai dengan PP Nomor 18 Tahun 2017, bahwa Pimpinan Dewan dan unsur Wakil Pimpinan mendapat Tunjangan Kendaraan Operasional selain Tunjangan Tempat Tinggal,” Jelas Pengayoman.

Mobil-mobil yang lama memang harus diganti, karena sudah lebih dari lima tahun, disamping sudah tua mobil itu juga membutuhkan biaya perawatan ekstra dan menganggu aktifitas kinerja Pimpinan.

“Undang-Undang memang menerangkan tentang pengadaan empat buah mobil tersebut, intinya sudah dengan amanah dan mekanisme dan sudah sesuai aturan,” Ujarnya.

Ketua DPRD Magetan mendapat Mobil Mitsubishi Pajero Sport Type Dakar 4X4 Warna Putih, berkisaran harga Rp. 671 juta dengan spesifikasi yang dari tiga Wakil Ketua mendapatkan Type Ultimate. (Jack)