Pempus Apresiasi Prestasi Bupati Magetan

Pempus Apresiasi Prestasi Bupati Magetan

MTI Magetan JATIM -Pemerintah Kabupaten Magetan kembali mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat atas prestasi penyelengaraan Pemerintahan Daerah yang telah dilaksanakan berdasarkan Laporan Penyelengaraan Pemerintahanan Daerah tahun 2018 yang telah diserahkan ke pusat dengan status ‘Kinerja Sangat Tinggi. Penghargaan dari Kemendagri itu diberikan kepada Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, SH, MSi oleh Gubernur Jawa Timur bersama Kepala Daerah Kabupaten/ Kota se Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jum'at (16/10/2020).

Berdasarkan PP Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) adalah Laporan atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah selama 1 (satu) tahun angaran berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang disampaikan Kepala Daerah kepada Pemerintah Pusat. LPPD yang dilaporkan harus sedapat mungkin menggambarkan kondisi nyata kinerja Pemerintah Daerah.

Laporan ini mengambarkan kinerja urusan yang ditangani oleh Pemerintah Daerah, untuk itu Departemen Dalam Negeri, menetapkan Indikator Kinerja Kunci (IKK) untuk masing-masing urusan dalam menentukan skor bagi masing masing daerah.

Pemerintah Daerah harus mengisi realisasi pencapaian masing-masing indikator yang telah ditetapkan tersebut. Kinerja yang terbaik bukan ditetapkan berdasarkan standard, melainkan melalui proses perbandingan antara Pemerintah Daerah, jadi bisa saja terjadi yang terbaik di antara yang terjelek dalam pengisian realisasi capaian masing-masing.

Dasar hukum yang melandasi penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) adalah UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan PP No 13 tahun 2019

Penyusunan LPPD merupakan kewajiban Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota, sebagaimana yang diamanatkan dalam PP Nomor 13 Tahun 2019 tentang LPPD kepada Pemerintah, LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD dan Informasi LPPD kepada Masyarakat.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi dalam penyelengaraan pemerintahan, penghargaan ini memacu kita untuk lebih berkerja keras dalam pengabdian pada masyarakat demi kemajuan Kabupaten Magetan,” Ungkap Suprawoto. (Humpro/Jack)