Pelantikan Pejabat di Lingkungan PT IAIDA

Pelantikan Pejabat di Lingkungan PT IAIDA

MTI Banyuwangi JATIM - Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi menyelenggarakan Restruktur Jabatan, Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kampus IAIDA Blokagung, Sabtu (23 Januari 2021).

Acara dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan secara ketat, seluruh pelaksana acara, tamu undangan diwajibkan memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk ruangan, dan tidak diperkenankan untuk berkerumun, seluruh rangkaian acara berlangsung khidmat dan lancar, Jika biasanya pelantikan dihadiri oleh puluhan undangan, kali ini hanya dihadiri Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Pimpinan Senat, Pimpinan Rektorat, Dekan, Kaprodi dan para Dosen di lingkungan IAIDA Blokagung.

H. Ahmad Munib Syafaat, Lc, MEI tetap menjadi Nahkoda dari Lembaga Perguruan Tinggi IAIDA  untuk Periode 2021 – 2024, Gus Munib (sapaan akrab Rektor IAIDA) dalam sambutannya, “Mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengembangan dan pengelolaan Perguruan Tinggi,” Tuturnya.

Sebagai Pimpinan, Gus Munib juga tidak lupa untuk terus memberikan motivasi kepada seluruh pihak Pengelola, pasalnya Perguruan Tinggi IAIDA memiliki khas tersendiri, selain Perguruan Tinggi berbasis Pesantren sebagai jargon IAIDA merupakan kampus yang mayoritas santri dari berbagai penjuru Indonesia menjadi mahasiswanya, “Saya yakin panjenengan semua tidak hanya Tholabul Zah, tapi Tholabul Halal, kita mencari kehalalan, apa yang bisa kita persembahkan untuk Pondok Pesantren Darussalam ini, khususnya IAIDA, sehingga ke depan harapan kita dengan adanya Restruktur Jabatan bisa menambah kesemangatan, mobilitas kita motivasi kita, bahwa semua ini adalah amanah yang harus kita jalankan, dan mudah-mudahan kita termasuk orang yang bisa menjiwai apa yang sudah ditakdirkan pada kita semuanya, termasuk pada posisi-posisi yang pada akhirnya akan menjadi tanggung jawab kita semua,” Imbuhnya.

“Mudah-mudahan apa yang saya emban ini merupakan bagian dari nikmat, sehingga saya berkewajiban bersyukur, pada prinsipnya tanggung jawab memiliki tiga makna, amanah, dan ketika amanah tidak boleh berkhianat, kalau ini nikmat maka kita harus banyak bersyukur, kedua kalau ini bencana maka harus bersabar”,” Ujarnya.

Sebagai penutup Gus Munib menyampaikan rasa ucapan terimakasih banyak kepada hadirin, “Mudah-mudahan apa yang saya emban ini merupakan bagian dari nikmat, sehingga saya berkewajiban bersyukur, semoga kita semuanya bisa menjadikan amanah ini bagian dari wasilah kita untuk mencapai ridho Allah SWT, dan bukan sekedar menjadi fitnah bagi kita,” Tutupnya penuh harap.

Pada tahun ajaran 2021 ini, Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung konsentrasi untuk beralih Status dari Institut ke Universitas, dan juga membuka Program Studi Baru, baik Strata Satu maupun Pasca Sarjana. Prodi baru ini dipersiapkan untuk mendidik lulusan yang nantinya memiliki Keilmuan Islam serta unggul dalam persaingan yang kompetitif.

Dr. KH. Abdul Kholiq Syafaat, Lc, MEI, Ketua Senat IAIDA menjelaskan, “Kita mendapatkan ekspektasi dari Walisantri, setelah pelantikan ini selesai kita akan segera mempersiapkan penambahan Prodi baik S1 atau S2, untuk S1 bisa Jurusan Matematika dan MIPA, S2 bisa jurusan manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah, hal ini juga sebagai respon unit sekolah yang ada di naungan Yayasan Pondok Pesantren Darussalam baik SMA Darussalam, SMK Darusaalam, dan Madrasah Aliyah Al Amiriyyah,” Terangnya.

Untuk saat ini, Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung sudah memiliki 3 Fakultas dan 8 Program Studi, yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam (Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Islam/ FDKI), Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ), Manajemen Pendidikan Islam, Pendidkan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Indonesia dan Tadris Bahasa Inggris (Fakultas Tarbiyyah dan Keguruan).

Mereka yang dilantik meliputi Wakil Rektor, Dekan, Direktur, dan Ketua Unit Pelayanan Teknis (UPT). (Yd/DB)