Pekerjaan Drainase Kelurahan Hamdan Medan Yang Gunakan Dana Kelurahan Tanpa Adanya Plang Nama Proyek Pekerjaan Drainase Kelurahan Hamdan Medan Yang Gunakan Dana Kelurahan Tanpa Adanya Plang Nama Proyek Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 10 Juni 2022 / Dilihat 103 kali

Pekerjaan Drainase Kelurahan Hamdan Medan Yang Gunakan Dana Kelurahan Tanpa Adanya Plang Nama Proyek

MTI Medan – Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution,SE, MM, menekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan agar mengoptimalkan Realisasi Belanja Daerah yang sudah dialokasikan. Hal itu dilakukan agar masing-masing OPD, termasuk Kecamatan dapat mencapai Target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Terutama menyangkut Lima Program Prioritas, yakni Penanganan Kesehatan, Infrastruktur Jalan, Banjir, Kebersihan dan Kawasan Heritage, guna meningkatkan Perekonomian yang kini menjadi Fokus Pemko Medan, Jum'at (10/06/2022).

Hasil Penelusuran Awak Media terkait Dana Kelurahan di Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Hamdan tidak dilibatkan dalam Kegiatan Kelurahan dan juga adanya Kegiatan Dana Kelurahan yang tidak memasang atau tanpa ada Plang Nama Proyek, sehinggga Kegiatan Pengerjaannya terkesan tidak Transparan, bahkan Warga juga tidak dilibatkan.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Hamdan mengatakan tidak tahu menahu tentang Proyek Kegiatan Dana Kelurahan dan menyuruh Awak Media langsung Koordinasi ke Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kelurahan Hamdan.

“Memang Aku tidak tau Kegiatan itu apa. Memang Bhabin harus ada Andil di situ ?” Katanya dengan nada tanya.

Sementara itu, Kepala Kelurahan (Lurah) Hamdan, Sahlan Ramadhan Nasution, saat dikonfirmasi Media mengatakan, agar datang saja nanti Tahun 2025.

“Aku tak tahu menahu tentang Dana Kelurahan. Datang aja nanti di Tahun 2025, kalau Kalian mau nanya-nanya tentang Dana Kelurahan,” Ujarnya dengan Ketus.

Sedangkan, Ketua Pokmas Kelurahan Hamdan, Erwin Surbakti, yang juga merangkap Jabatan sebagai Kepala Lingkungan (Kepling) di Lingkungan 8, mengatakan, bahwa Dirinya hanya sebagai Kain Lap saja.

“Kain Lapnya Aku di sini Bang,” Katanyanya, Senin (06/06/2022).

Sebelumnya, Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai Gerindra, Mulia Syahputra Nasution, mengungkapkan, berdasarkan Evaluasi dan Pelaksanaan Dana Kelurahan di Kota Medan Tahun 2021 Mandul, karena tidak Terealisasi secara Maksimal.

“Serapannya cuma 38 Persen,” Kata Mulia Syahputra Nasution, usai mendengar Aspirasi Masyarakat yang disampaikan pada Reses I Masa Sidang Tahun Ketiga Tahun Anggaran 2022, di Jalan. Multatuli, Kelurahan Hamdan Kecamatan Medan Maimun, Minggu (20/02/2022).

Mulia Syahputra Nasution menambahkan, “Berbagai Pelaksanaan Pembangunan yang bersumber dari Dana Kelurahan, tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan, seperti Pengerjaan Jalan Setapak tidak sesuai Spesifikasi,” Tambahnya.

“Dana Kelurahan yang dianggarakan sebesar Rp. 1,7 Miliar diperuntukkan untuk Kegiatan Fisik dan Non Fisik. Kalau Fisik seperti Pembangunan Jalan Setapak, kalau Non Fisik berupa pelatihan-pelatihan. Tujuannya, agar Persoalan di Masyarakat dapat Terselesaikan. Pelatihan yang dilakukan adalah untuk Menggembleng Masyarakat agar mempunyai Skil (Keahlian). Jadi, selain dapat Ilmu, Masyarakat juga dapat Income (Pemasukan),” Ungkapnya.

“Untuk itu, Masyarakat berhak dan wajib mengawasi seluruh Kegiatan di Kelurahan. Jangan nanti Pekerjaan sudah selesai, baru Komplain atau Ribut karena tidak dapat bagian,” Tegas Mulia Syahputra Nasution, Anggota Komisi I DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai Gerindra.

Ke depan, Mulia, berharap Lurah dapat memperbaiki dan memanfaatkan Anggaran (Red, Dana Kelurahaan) yang disediakan agar Masyarakat Terbantu. (Adel/MTI)