MTI Banyuwangi Jatim - Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jatim IV merespon dan menggelar Bakti Sosial (Baksos) dalam upaya turut serta melakukan

PDHI Cabang Jatim IV Gandeng ASOHI Serahkan Donasi Lewat RSUD Blambangan

MTI Banyuwangi Jatim - Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jatim IV merespon dan menggelar Bakti Sosial (Baksos) dalam upaya turut serta melakukan antisipasi penyebaran Virus Corona, untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid 19 yang masih belum segnifikan terputus.

Pandemi Covid 19 bagai jamur di musim hujan, bahkan menunjukkan data jumlah pasien terkonfirmasi positif terus bertambah dan grafiknya sangat signifikan. Sejalan dengan hal itu, Pasien Dalam Pemantauan (PDP), Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan daerah zona merah juga semakin meluas.

PDHI Cabang Jatim IV pun mengaplikasikan rasa kepeduliannya. Dan bentuk kepedulian para dokter hewan serta dukungannya terhadap pemerintah, melihat kondisi masyarakat yang semakin panik akibat wabah Corona ini. Tak tanggung tanggung, dalam aksi sosial ini PDHI menggandeng Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) dan alat medis, antara lain Mulia Karya Vetatama (MK Vet) dan Ijen Pet Station.

“Baksos ini juga diikuti oleh PDHI di regional provinsi lain di Indonesia, yang melakukan aksi serupa sebagai bentuk dukungan dan perwujudan One World One Health”, terang drh. Wir Yeni Hasanah, selaku ketua PDHI Cabang Jatim IV, saat press release bersama puluhan awak media di RSUD Blambangan Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (08/04/2020).

drh. Wir Yeni Hasanah akrab disapa Yeni ini mengatakan, kalau penyerahan donasi berupa alat medis, obat-obatan, dan disinfektan sebagai upaya mendukung tenaga kesehatan di RSUD Blambangan ditengah kelangkaan alat-alat tersebut.

Selain itu, PDHI juga menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) medis, Surgical Mask, Glove, Google Medis, Disinfektan, Madu dan Multivitamin.

“Kita berharap tenaga kesehatan dapat bekerja optimal dalam menyembuhkan pasien terkonfirmasi Covid 19, memutus rantai penularan di masyarakat, melindungi semua tenaga kesehatan, agar dapat bekerja dengan aman serta fokus dalam melaksanakan tugas. Cukupkan asupan nutrisi, tenaga dan pikiran untuk mengatasi wabah Covid 19”, Jelas drh. Yeni.

“Saya berpesan kepada masyarakat, agar tetap patuh terhadap aturan pemerintah dengan mengisolasi pribadi di rumah. Jika harus keluar untuk kepentingan mendesak, supaya menjaga diri dengan pakai masker, sering cuci tangan dan lakukan Physical distancing. Pemerintah sebagai garda terdepan, dalam hal ini diharapkan agar fokus pada pencegahan dan penanganan masyarakat yang terkonfirmasi Covid 19, serta memastikan kebutuhan dasar yang sedang dalam kondisi Pembatasan Social Berskala Besar (PSBB), serta menjamin keamanan para tenaga medis yang bekerja dengan sarana yang memadai”, Tambah Yeni.

Secara terpisah, Direktur RSUD Blambangan, dr. Indah Sri Lestari, saat dihubungi menyampaikan banyak terimakasih atas kepedulian PDHI Cabang Jatim IV yang telah memberikan donasi berupa kelengkapan pendukung pencegahan Virus Corona.

“Covid 19 ini memang menjadi tugas kita bersama untuk melakukan langkah antisipasi dan pencegahan. Semoga wilayah Kabupaten Banyuwangi bisa segera mengalami penurunan dan secara umum di negara kita tercinta ini, Corona bakal pergi dan tak kembali lagi”, Ucap singkat Direktur yang sebelumnya mengemban tugas sebagai Direktur RSUD Genteng. (MT)