Petugas Melakukan Pemeriksaan Kepada Maulida

Oknum Dishub Bali Ditangkap Bawa Narkoba Di Bandara Hang Nadim Batam

MTI Batam - Petugas Aviation Security (Avsec) dan Bea Cukai Bandara Internasional Hang Nadim Batam memgamankan Rano Dwi Putra (40), oknum PNS Perhubungan (Pemegang Pass Bandara Ngurah Rai Bali), warga Kota Bekasi, Jawa Barat, dan teman wanitanya Maulida (24), warga Jawa Timur, calon penumpang Maskapai Citilink Indonesia yang berusaha menyelundupkan narkoba jenis shabu-shabu tujuan Denpasar Bali, Sabtu (22/08/2020) pukul 12.30.

"Petugas Memeriksa Rano Dwi Putra"

Mereka berdua diamankan petugas Avsec karena kedapatan membawa narkoba jenis shabu-shabu, dari badan Maulida diamankan shabu seberat 1388 gram sedangkan dari Rano Dwi Putra 1.702 gram.

Upaya penyeludupan narkoba jenis shabu-shabu tersebut dilakukan dengan cara menyembunyikan narkoba yang telah dibungkus dalam beberapa bungkus kecil dan disembunyikan di dalam sepatu pelaku.

Kedua pelaku merupakan penumpang penerbangan dari Pakanbaru Riau dan transit di Bandara Hang Nadim Batam untuk melanjutkan penerbangan ke Surabaya.

Sebelumnya petugas mengamankan Maulida, setelah diperiksa ditemukan 13 bungkus Narkoba jenis Shabu yang disembunyikan di bagian pinggang dan di dalam sepatunya.

Setelah petugas mengintrogasi Maulida, diperoleh keterangan bahwa dirinya datang berdua dengan teman laki-lakinya, oknum PNS Dishub Bali. Berdasarkan pengakuan Maulida, Petugas Avsec langsung mengamankan Rano Dwi Putra.

Dari tubuh Rano Dwi Putra ditemukan 13 bungkus Narkoba jenis shabu yang disembunyikan dibagian pinggang dan kakinya.

Selanjutnya kedua pelaku dibawa ke Kantor Bea Cukai Batu Ampar, Kota Batam untuk pemeriksaan dan pendalaman lebih lanjut.

Barang bukti yang diamankan sebagai berikut adalah 13 bungkus Narkoba jenis shabu-shabu dengan total 3090 gram, KTP dan SIM atas nama Rano Dwi Putra dan Maulida, E-Ticket Maskapai Cutilink Batam-Surabaya dan Barang-barang pribadi milik kedua pelaku.

Sejak merebaknya Covid 19, kecenderungan penyeludupan narkoba terutama jenis shabu-shabu melalui Bandara Hang Nadim Batam terpantau agak menurun dibandingkan pada situasi normal sebelum masa Covid yang hampir tiap minggu terjadi penangkapan penyeludup narkoba oleh petugas Bandara Hamg Nadim Batam. (Kontributor MTI Batam)