Zia U Hak, SH, MKn, Ketua NMB

Notaris Muslim Banyuwangi Tetap Sisihkan Waktu Untuk Beramal

MTI Banyuwangi JATIM - Notaris merupakan profesi yang sehari-hari yang diwarnai oleh kesibukan. Namun ditengah kesibukan menjalankan profesinya, ternyata masih banyak notaris yang tetap tidak melupakan tugas dan tanggungjawab untuk berempati dengan lingkungan sekitar.

Selain melakukan aktivitas yang padat, Komunitas Notasis Muslim Banyuwangi (NMB) masih menyempatkan waktunya untuk bagi-bagi sembako, yang dikemas dalam kegiatan ‘Jum'at berkah’, yang dilaksanakan secara rutin pukul 05.00 WIB di Jalan. Brawijaya 30, Kelurahan Kebalenan, Kecamatan/ Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, selepas sholat Jum'at tepatnya pukul 13.00 WIB, juga melakukan aktivitas sosial tambahan yaitu berbagi nasi bungkus, Jum’at (10/07/2020).

Menurut Zia U Hak, SH, MKn, Ketua NMB, kegiatan berbagi nasi bungkus ini sebenarnya sudah kali kedua dilakukan.

“Kegiatan berbagi ini telah dilakukan untuk yang kali kedua setelah dimulai pada Jum'at lalu. Target kita adalah para penyapu jalan, tukang becak, pedagang asongan, bahkan orang dengan gejala jiwa (ODGJ) tak luput dari target kami,” Terang pria yang akrab disapa Zia itu.

“Dengan membagi menjadi dua kelompok, kami start dari Maskub warung pintar sekaligus pencucian motor yang berada di. Jalan. Brigjen Katamso 21 Banyuwangi, tempat kami biasa berkumpul santai, kami menyusuri jalan Kepiting kemudian Brawijaya. Diperempatan Cungking kami berpisah, kelompok pertama lanjut ke arah Jaksa Agung Suprapto-KH. Wachid Hasyim-MT Haryono-Imam Bonjol dan terakhir Taman Blambangan, sedangkan kelompok kedua menyusuri  Jalan. Cokroaminoto menuju  jalan Mawar, Gajahmada, Thamrin, Basuki Rachmad, terakhir di Taman sSritanjung,” Ungkap Zia.

Setelah pukul 14.00 kegiatanpun berakhir dengan total jumlah 70 nasi bungkus dan sisipan ampkop berikan uang sebesar 10.000.

“Alhamdulillah, kegiatan kita didukung oleh banyak kawan, dimana mereka berpartisipasi dengan menitipkan harta mereka, berupa Zakat, Infaq dan Shodaqoh dalam bentuk uang maupun barang. Walaupun dengan jumlah sedikit untuk nasi bungkus yang kita bagikan seperti siang ini, tadi terdistribusikan 70 nasi bungkus dan sisipan amplop berisikan uang Rp.10.000, namun Insha Allah dengan istiqomah tentu lebih bernilai dan yang terpenting adalah niat ikhlas kami berbagi sesuai dengan kemampuan, mudah mudahan Allah tambah rezeki yang barokah kepada rekan rekan yang sudah menyisihkan sebagian hartanya untuk meringankan beban sesama, Aamiin,” Pungkas Zia diakhir wawancara.

Sementara salah seorang warga yang menerima bantuan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan bersyukur mendapatkan bantuan tersebut,

“Alhamdulillah masih ada yang memberi makan saya, walau keadaan susah, terima kasih, terima kasih,” Ungkapnya dengan wajah yang terlihat gembira. (Smd)