Musdes RPJMDes Desa Jangkar Berlangsung Dramatis

Musdes RPJMDes Desa Jangkar Berlangsung Dramatis

MTI Situbondo JATIM - Desa/ Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) Pembahasan dan Penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Periode 2020 – 2025, Selasa (15/09/2020).

Forum yang diselenggarakan oleh BPD ini berlangsung dramatis dan sempat berulang kali mengalami intrupsi peserta. Perdebatan terjadi antara BPD, Tim Perumus RPJMDes dan peserta Musdes.

Materi yang disampaikan oleh Tim Perumus dianggap masih banyak kekurangan, karena pada lampiran rancangan RPJMDes tidak tertera nominal anggaran untuk masing-masing kegiatan, sehingga hal tersebut membingungkan peserta Musdes. Disisi lain banyak kegiatan yang lokasi pelaksanaannya sama, sehingga memicu intrupsi dan pertanyaan dari peserta Musdes.

Salah satunya Edi Karyanto, warga Dusun Pasarnangka, Jangkar ini sempat berkali-kali melakukan interupsi pada Pimpinan Musdes. Edi menyampaikan, “Bahwa apapun yang diterima pada malam hari ini adalah bentuk tanggung jawab kami pada warga masyarakat yang lain, jika format usulan kegiatan saja tidak ada anggaran yang jelas, maka kami yang hadir ini seolah-olah akan menyuguhkan informasi yang tidak benar pada masyarakat,” Kata Edi.

“Saran saya silahkan Tim memperbaiki dulu dan melengkapi dulu besaran anggaran dari setiap kegiatan yang direncanakan,” Ujar Edi menambahkan.

Sementara Pimpinan Musdes yang juga Ketua BPD, Ahmadun menjelaskan, “Bahwa nominal anggaran memang tidak disertakan, karena nanti akan ada pembahasan di Musdes RKPDes sebagaimana yang sudah disampaikan oleh pendamping tadi,” Jelasnya.

Musdes terus memanas dan berlangsung dramatis, ketika ada peserta lain yang menyampaikan bahwa banyak terjadi lokasi kegiatan yang sama, salah satunya seperti yang disampaikan oleh Herman Fauzi (Baca, pesert Musdes lainnya), dia menjelaskan, “Bahwa di Dusun Beringin tidak ada nama lokasi sebagaimana yang dimaksud oleh Tim Perumus dalam paparannya tadi, tolong hal tersebut direvisi dan diperbaiki,” Katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu Tokoh Masyarakat Jangkar, H Anggi, dia menyampaikan nama-ama lokasi pada rencana kegiatan banyak yang sama, “Saya mohon ini tolong dibenahi sebelum disampaikan pada Musdes kali ini,” Harap H. Anggi.

Sekedar diketahui bahwa Musdes ini diselenggarakan oleh BPD pada Selasa (15/09/2020) yang berlangsung di Aula Balai Desa Jangkar, kegiatan ini merupakan rangkaian dari tahapan sebelumnya untuk membahas dan menetapkan Dokumen RPJMDes periode 2020 - 2025. (Sam)