Merasa Kecewa, Warga Desa Muara Emat Gelar Aksi Tuntut Kades Muara Emat Mundur Dari Jabatannya Merasa Kecewa, Warga Desa Muara Emat Gelar Aksi Tuntut Kades Muara Emat Mundur Dari Jabatannya Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 21 Oktober 2022 / Dilihat 440 kali

Merasa Kecewa, Warga Desa Muara Emat Gelar Aksi Tuntut Kades Muara Emat Mundur Dari Jabatannya

MTI Kerinci JAMBI – Merasa Kecewa dengan Perilaku Pemimpinnya, yakni Kepala Desa (Kades) Muara Emat, Jasman, Warga Desa Muara Emat, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, melakukan Aksi Pemblokiran Jalan, dengan membuat Palang Kayu di Tengah Jalan Lintas Kerinci-Merangin, Rabu (19/10/2022), sejak Pukul 10.00 WIB.

Warga meminta Jasman, Kades Muara Emat mundur dari Jabatannya, karena dinilai banyak melakukan Perbuatan Melawan Hukum (PMH). Bahkan menurut Warga, Kades Jasman, Tak Pantas lagi menjabat Kades Muara Emat, karena banyak mengecewakan Warganya.

Melihat Aksi tersebut, Kapolres Kerinci, AKBP Patria Yuda Rahadian, SIK, MIK, didampingi Kapolsek Batang Merangin Iptu Julisman, Anggota Polsek dan Bhabinkamtibmas Desa Muara Emat Bripka Nori Marianto, memberikan Atensi dan merespon Aksi Warga dengan melakukan Pendekatan dan Dialog, untuk menghidari Konflik antara Warga dengan Pengguna Jalan.

Namun Warga tetap kekeh pada Tuntutannya, yakni Kades Muara Emat, Jasman, untuk Mendur dari Jabatannya.

Rupanya Aksi Warga Muara Emat tersebut mendapat Respon dari Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Kerinci, terutama dari Camat Batang Merangin, Heri Cipta, Ssos, MH, yang langsung menggelar Pertemuan dengan Kapolres Kerinci dan Pihak Pemkab Kerinci di Kantor Camat Batang Merangin. Dari Hasil Pertemuan tersebut, Kades Muara Emat, Jasman, bersedia membuat Surat Penyerahan Jabatan (Surat Pengunduran Diri) di Kantor Camat Batang Merangin.

Setelah itu, Camat Batang Merangin, Heri Cipta, Ssos, MH, membacakan isi Surat Penyerahan Jabatan (Surat Pengunduran Diri) Kades Desa Muara Emat di hadapan Massa Aksi. Kemudian Malam Harinya, Pemblokiran Jalan tersebut dibuka kembali oleh Warga Masyarakat dan Pengguna Jalan bisa melintas lagi.

Kapolres Kerinci, AKBP Patria Yuda Rahadian, SIK, MIK, menegaskan, “Setiap ada Kegiatan Masyarakat dalam bentuk apapun, Wajib adanya Kehadiran Polisi untuk berkoordinasi dan Dialogis, guna mengamankan Kegiatan tersebut, agar tidak terjadi Konflik di Masyarakat,” Tegas Kapolres Kerinci.

“Kehadiran Anggota Polres Kerinci dan Polsek Batang Merangin untuk menciptakan Situasi Kamtibmas di Wilayah Batang Merangin, agar tetap Aman dan Terkendali,” Tambah Kapolres Kerinci, AKBP Patria Yuda Rahadian, SIK, MIK. (Erik/MTI)