Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Nyatakan Akan Berantas MAFIA TANAH Menteri ATR/BPN, Marsekal TNI (Purn) Dr. (HC) Hadi Tjahjanto, SIP Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 27 Juni 2022 / Dilihat 286 kali

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Nyatakan Akan Berantas MAFIA TANAH

MTI Banyuwangi JATIM - Usai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk sisa masa Jabatan Periode Tahun 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, pada Tanggal 15 Juni 2022 lalu, mantan Panglima TNI Periode 2017-2021, Marsekal TNI (Purn) Dr. (HC) Hadi Tjahjanto, SIP, menegaskan akan memberantas “MAFIA TANAH” yang selama ini dianggap telah merugikan Masyarakat luas. Pihaknya akan bekerjasama dengan Instansi dan Pihak terkait, seperti Kepolisian dan Kejaksaan agar MAFIA TANAH benar-benar Musnah.

BACA:

*Kejahatan Mafia Pertanahan Di Kabupaten Banyuwangi

*Review Ada MAFIA TANAH Di Dalam Sengketa Perebutan Penguasaan Lahan Kepiting Banyuwangi

*Review Ada MAFIA TANAH Di Dalam Sengketa Perebutan Penguasaan Lahan Kepiting Banyuwangi Eps 2

*Hilangnya Aset Dan Tanah Negara Akibat MAFIA TANAH

*Mafia Tanah Terjadi Pada Masa Silam Dan Terpelihara Sampai Sekarang Kepemilikannya

*Aktivis Dan Relawan Jokowi Lawan Mafia Tanah Di TMII Pintu II Berakhir Ricuh

Presiden Jokowi mengungkapkan, “Tadi malam Saya sampaikan urusan yang berkaitan dengan Sengketa Tanah, Sengketa Lahan harus sebanyak-banyaknya bisa diselesaikan. Yang Kedua, Sertifikat harus sebanyak-banyaknya juga bisa diselesaikan. Termasuk di dalamnya urusan Lahan, Tanah yang berkaitan dengan IKN (Red, Ibu Kota Nusantara),” Ungkap Presiden Jokowi usai Pelantikan saat itu.

Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi, Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto, menyatakan akan segera melakukan koordinasi dengan Instansi terkait untuk menyelesaikan masalah Pertanahan di Indonesia, khususnya Pendaftaran Tanah.

Mantan Panglima TNI itu juga menyatakan Komitmennya, tidak hanya masalah Sertifikat Tanah, namun akan menyelesaikan Sengketa Tanah termasuk IKN. Hadi Tjahjanto, juga mengungkapkan jika Dirinya akan langsung Terjun ke Lapangan dan menanyakan secara langsung  terkait Persoalan Tanah yang terjadi di Masyarakat. Sebab, Persoalan Tanah merupakan Hal yang sangat Penting bagi Kesejahteraan Masyarakat.

Menurutnya, dengan Terjun langsung ke Lapangan, maka akan semakin banyak menhimpun Informasi dari Masyarakat terkait Kendala dan Masalah yang dihadapi Masyarakat terkait Pertanahan.

“Saya akan ke Lapangan. Akan lihat secara langsung dan menanyakan pada Mereka. Tidak hanya Laporan saja, tapi Saya akan tanyakan ke Masyarkat, apakah masih ada Mafia Tanah,” Tegas Menteri ATR/Kepala BPN.

Selain Persoalan Mafia Tanah, Menteri Hadi Tjahjanto juga akan menyelesaikan Kerumitan Penyelesaian Hak Tanah. Hingga Terjadi Konflik antara Masyarakat dengam Pemerintah di bidang Pertanahan.

“Apa ada yang mengalami Kesulitan mengurus Sertifikat ?, apa ada yang lain. Apa masih ada Konflik, apa permasalahan-permasalah sewa yang begitu besar dan ada Permasalahan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang begitu besar, kemudian arah kemana itu akan Kita lihat,” Ungkapnya.

Hadi Tjahjanto, mengatakan, Tujuan Presiden melantik Dirinya sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, agar Masyarakat bisa merasakan langsung Peran Pemerintah di tengah adanya Konflik Pertanahan.

“Presiden memerintahkan seperti itu, supaya Masyarakat, Rakyat merasakan bahwa ATR ini juga berperan membantu Kesulitan Masyarakat,” Terang Marsekal TNI (Purn) Dr. (HC) Hadi Tjahjanto, SIP, Menteri ATR/Kepala BPN.

Sementara itu, Media Tipikor Indonesia (MTI) dan Gerakan Masyarakat Anti Korupsi (GERMAK) akan terus membantu Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum dalam Upaya Pemberantasan MAFIA TANAH yang ada di Indonesia melalui Kantor Perwakilannya di Daerah dan juga khususnya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dengan melakukan Investigasi Total. (Team MTI)