Median Jalan Gatsu Barat Denpasar Jebol Akibat Curah Hujan Dengan Intensitas Tinggi Median Jalan Gatsu Barat Denpasar Jebol Akibat Curah Hujan Dengan Intensitas Tinggi Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 20 Oktober 2022 / Dilihat 4440 kali

Median Jalan Gatsu Barat Denpasar Jebol Akibat Curah Hujan Dengan Intensitas Tinggi

MTI Denpasar BALI – Curah Hujan dengan Intensitas Tinggi yang mengguyur Kota Denpasar, Provinsi Bali, mengakibatkan Median Jalan, di Jalan Raya Gatsu Barat, Kota Denpasar, tepatnya di Km 5+430 mengalami Jebol di bagian bawah pada Selasa Sore (18/10/2022), sekitar Pukul 14.30 WITA.

Mendapat informasi tentang Jebolnya Median Jalan, di Jalan Raya Gatsu Barat, Kota Denpasar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kadis PUPR) Kota Denpasar, AA Bagus Airawata, langsung meninjau Lokasi Jebolnya Media Jalan Gatsu Barat tersebut.

Bahkan Jebolnya Media Jalan tersebut mendapat Perhatian Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara. Setelah melakukan Koordinasi dengan Balai Jalan Kementerian PUPR, karena Jalan tersebut adalah Jalan Nasional, akhirnya Malam itu juga diputuskan dilakukan Pembongkaran Jalan.

Alatt berat tiba di Lokasi Jam 18.30 Wita. Kabag Humas dan Protokol Denpasar, Dewa Gede Rai, mengungkapkan, “Pembongkaran Jalan itu akan dilakukan malam ini. Gorong2 itu akan diganti dengan Box Culvert, yang didatangkan dari Jatim, sehingga Jalur ini tidak terganggu lama,” Ungkap Dewa Gede.

Perlu diketahui, Box Culvert adalah Beton bertulang Pra Cetak berbentuk Segi Empat yang mempunyai Spigot dan Socket. Kegunaan Spigot dan Socketnya adalah untuk membuahkan Box Culvert rapat akan masuknya Air Tanah (Eksfiltrasi), serta tetap menyatu bila terjadi Pergeseran Tanah. Box Culvert biasanya dijadikan Saluran Drainase.

Akibat Jebolnya Median Jalan tersebut, Satlantas Kota Denpasar mengalihkan Arus Lalu Lintas. Pengguna Jalan yang melintas di Gatsu Barat, dari arah Denpasar Timur, tepatnya di Perempatan Lampu Lalu Lintas atau APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) Kebo Iwa menuju Denpasar Barat ditutup dan dialihkan melalui Kebo Iwa ataupun Jalur Alternatif melalui Kawasan Kelurahan Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar.

Pada Hari Rabu (19/10/2022), sekitar Pukul 09.00 WITA, Kapolrestabes Denpasar, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, SH, SIK, MSi, dan Jajaran, Dinas PUPR, PDAM, Dishub Kota Denpasar dan Jasa Marga, tampak sudah berada di Lokasi Median Jalan yang Jebol.

Kapolrestabes Denpasar, AKBP Bambang Yugo Pamungkas dan Jajaran, tampak melakukan Pengamanan dan mengatur Lalu Lintas agar tidak terjadi Kemacetan yang Parah, mengingat Jalan Raya Gatsu merupakan Jalan Utama yang menghubungkan Kota Denpasar menuju Badung.

Ishak, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Kota Denpasar, menjelaskan, “Memang  Air yang mengalir kemarin sore sangat tinggi, sehingga menimbulkan berbagai macam Bongkahan yang ada di Hulu terbawa Arus, dan mengakibatkan Dinding Sungai tergerus,” Jelasnya.

“Dengan kejadian ini, maka Kami melakukan Pelebaran untuk Sungai yang sebelumnya Satu Meter, nantinya Kita akan merubahnya lebih besar, 2 Meter,” Imbuhnya.

“Dan pada kesempatan ini, Kita juga minta dukungan dari pihak-pihak terkait untuk Kinerja Kita agar Lancar. Seperti Pihak Kepolisian dan juga Masyarakat. Dan dalam Hal ini, Perkiraan Kami dalam Dua Minggu ke depan, Pembenahan ini akan selesai dikerjakan, sembari Kita menunggu datangnya Beton Cor dari Surabaya,” Sambung Ishak, PPK Dinas PUPR Kota Denpasar.

Sedangkan Sukarmayasa, salah satu Pengawas Dinas PUPR Kota Denpasar, mengungkapkan, “Setelah terjadinya kejadian kemarin sore, Pihaknya Standby di Lokasi untuk Antisipasi dan selalu memantau Perkembangan Lokasi. Dikarenakan kejadian berada di Ruas Jalan yang menjadi Objek Vital Masyarakat dan Pengguna Jalan,” Ungkapnya.

“Jadi ketika Kita mendapat Informasi, langsung Kita tanggap untuk menuju Lokasi dan tetap Siaga sampai Pagi Hari ini untuk dilakukan Pembenahan,” Tambah Sukarmayasa, salah satu Pengawas Dinas PUPR Kota Denpasar.

Dalam Pantauan Media Tipikor  Indonesia (MTI)  Perwakian Bali, sampai Sore hari, Pihak Kepolisian dan juga Dishub Standby dan berjaga-jaga di Lokasi, agar tidak Terjadi Kemacetan dan sesuatu yang tidak diinginkan. (TeamMTI)