Imron Rosidi Ketua Takmir Masjid NYF Pakis

Masjid NYF Pakis Sembelih 10 Ekor Sapi dan 15 Ekor Kambing

MTI Banyuwangi JATIM - Hari Raya Idul Adha 1441 H/ 2020 M, Masjid Nuryasin Fatima (NYF) Kelurahan Pakis, Kecamatan/ Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dalam melaksanakan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) di masa Pandemi Covid 19, menggunakan tehnis dan mekanisme sesuai petunjuk Protokoler Kesehatan.

"Imron Rohadi Ranting NU Kelurahan Pakis"

Sholat Idul Adha berjalan sejalan bersama se-Banyuwangi, hari Jumat (31/07/2020) pagi di era new normal berjalan khidmad, dan tanpa bersalaman usai Sholat Idul Adha. Tetapi untuk pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban, sapi dan kambing dilakukan di hari Tasreh kedua atau hari Sabtu (01/08/2020) di halaman depan Masjid NYF, dengan sejumlah 10 ekor sapi dan 15 ekor kambing, dilakukan pukul 06.30 WIB.

Ketua Ta'mir Masjid NYF Kelurahan Pakis, Imron Rosidi ditemui disela kesibukanya sebagai panitia Qurban membenarkan kalau Madjid NYF melaksanan Sholat Idul Adha, Jumat pagi (31/07/2020). Dan keesokan harinya, tepat hari Sabtu (01/08/2020) pukul 06.30 WIB melaksanaan penyebelihan hewan Qurban hingga selesai. Tahun ini Madjid NYF menyembelih 10 ekor Sapi dan 15 ekor kambing, yang dilaksanakan di halaman Madjid NYF.

“Iya, kita melaksanakan PHBI di Pandemi Covid 19 telah memenuhi kreteria protokoler kesehatan di era new normal. Seperti kegiatan Sholai Idul Adha semua makmum bapak-bapak dan Ibu-ibu menggunakan masker. Dan usai Sholat tidak bersalam-salaman,” Kata Udtadz Imron.

Secara terpisah Ketua Ranting NU Kelurahan Pakis, Imron Rohadi, MPd, menuturkan kalau Ranting NU Kelurahan Pakis besok Sabtu menyembelih 10 ekor sapi dan 15 ekor kambing.

“Besok Sabtu di halaman Masjid NYF, sebagamna tahun-tahun srbelumya, NU ranting Pakis dalam melasanakan kegiatan hewan Qurban ditempat di Masjid NYF. Insha Allah kami bersama panitia Qurban, besok secara tehnis mekasisme kegiatan di era new normal Covid 19, siap melasanakan dengan protokoler kesehatan dan melaksanakan makna Surat Edaran (SE) Bupati dan Dinas Pert SD nian, bidang Peternakan, diantaranya para pemotong hewan Qurban, hingga panitia pemotong daging dan lainnya menggunkan masker. Dan menyendirikan hasil daging Qurban, jerohan Qurban, yangkar Qurban, dengan dimaksukkan di tas kresek putih transparan,” Terang Ketua Ranti NU.

“Dari tahun ke tahun animo masyarakat Kelurahan Pakis selalu optimis dalam melaksanakan PHBI, hal tersebut bisa terlihat, tahun-tahun sebelumnya tidak mencapai 10 ekor sapi. Alhamdulillah tahun ini Ranting NU Kelurahan Pakis bisa menyembelih 10 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Yang penting aktivitas sejalan pararel antara Ranting NU dan Ta'mir Masjid selaras, tidak ada kata yang tidak bisa. Alhamdulillan untuk dunia pendidikan, seperti Madin (Madrasah Diniyah) berjalan. Pertemuan rutin seminggu sekali anggota Ta'mir dan Ranting NU berjalan dengan lancar. Hanya saja waktunya berbeda. Artinya sukses itu melalui kebersamaan,” Tutup Imron Rohadi. (MT)