KPK Tetapkan Mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Sebagai Tersangka Kasus Gratifikasi KPK Tetapkan Mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Sebagai Tersangka Kasus Gratifikasi Media Tipikor Indonesia

Mantan Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono

Redaksi / 17 Mei 2023 / Dilihat 1703 kali

KPK Tetapkan Mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Sebagai Tersangka Kasus Gratifikasi

MTI JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan “Mantan Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Penerimaan Gratifikasi. Proses Hukum tersebut Terjadi berawal dari Klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), lantas ditingkatkan ke “Proses Penyelidikan dan Penyidikan”.

Melalui Keterangan tertulisnya, Kepala Bagian Pemberitaan, Ali Fikri, menerangkan, “KPK mulai Penyidikan Perkara dugaan Gratifikasi Pejabat pada Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu RI,” Terang Ali.

Kemudian TIM KPK melakukan Proses Pengumpulan Alat Bukti, salah satunya dengan melakukan Penggeledehan. Pada Jum’at (12/05/2023), Tim Penyidik KPK menggeledah Rumah Andi di Perumahan Legenda Wisata Cibubur, Gunung Putri, Bogor. Di Rumah tersebut, Tim Penyidik KPK menemukan dan mengamankan Alat Bukti, di antaranya berbagai Dokumen dan Alat Elektronik.

Analisis dan Penyitaan segera dilakukan untuk mengaitkan dengan unsur dugaan Penerimaan Gratifikasi yang disangkakan. Selain itu Lembaga Antirasuh itu melakukan Pencegahan. Andi dicegah ke Luar Negeri selama 6 (Enam) Bulan, terhitung mulai 15 Mei 2023 hingga 15 November 2023.

Sementara itu, Andhi Pramono, mantan Kepala Bea Cukai Makassar, merasa menjadi Korban Fitnah Gaya Hidup Mewah di Media Sosial (Medsos). Andhi juga telah menjalani Klarifikasi Harta Kekayaan di KPK.

“Foto-foto tentang Diri Saya sama sekali tidak ada yang berbentuk Pamer dan sebagainya. Sehingga dicari-cari yang lain,” Ungkapnya pada Wartawan di Gedung KPK, Selasa (14/05/2023) lalu.

“Nah, Saya di sini sudah melaporkan pada KPK Pembawa Niat-Niat, Pembawa Berita yang menghubungkan pada Anak Saya,” Imbuhnya.

Menurut Andhi Pramono, mantan Kepala Bea Cukai Makassar, Tudingan Gaya Hidup Mewah Putrinya idak berdasar, karena Putrinya kata Andhi, senang dengan Duunia Fashion, yang kini sedang ditekuni Putrinya.

(Laporan MEDIA TIPIKOR INDONESIA)