Kodam 1612/Manggarai Gelar Peresmian Pompa Hidram Bantuan Presiden RI Kodam 1612/Manggarai Gelar Peresmian Pompa Hidram Bantuan Presiden RI Media Tipikor Indonesia

Kapospol, Babinsa, Kades Compang Necak Saat Peresmian

Redaksi / 20 Mei 2022 / Dilihat 472 kali

Kodam 1612/Manggarai Gelar Peresmian Pompa Hidram Bantuan Presiden RI

MTI Matim NTT - Kodam 1612/Manggarai menggelar Peresmian Pompa Hidarulik Ram (Hidram) bantuan Presiden, yang bertempat di Kampung Gumbang, Desa Compang Necak, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam Kegiatan Peresmian Bak Air Minum Bersih tersebut juga dihadiri oleh Kepala Pos Polisi (Kapospol), Babinsa, serta Kepala Desa Compang Necak, Kristianu Silih, SSos, bersama Jajarannya, pada Hari Kamis (19/05/2022).

Warga Masyarakat Kampung Gumbang Dusun Rewa Maki sangat senang dengan adanya Pompa Hidram.

Acara Peresmian tersebut diawali dengan cara melakukan Ritual Adat Manggarai untuk Pembukaan secara Eesmi Pompa Hidram tersebut oleh Warga dan Pemerintah Desa.

Salah satu Tokoh Perempuan, Matilda Salu, SPd, Perwakilan dari Masyarakat Kampung Gumbang menyampaikan Ucapan Terima Kasih kepada semua yang sudah berpartisipasi dalam Proses Pembangunan Pompa Hidram tesebut.

“Terima Kasih kepada Bapak Presiden RI, Terima Kasih kepada Pemerintah Desa Compang Necak, Terima Kasih kepada: Pak Yohanes, selaku Direktur Utama Teknik dalam Kegiatan ini, Kami sebagai Masyarakat Kampung Gumbang selaku Pemanfaat Air Minum Bersih, mengucapkan banyak Terima Kasih,” Ungkapnya dengan Raut Wajah Bahagia.

Sementara itu, Perwakilan dari TNI AD, Yohanes, yang juga selaku Direktur Utama Teknik Proyek Pembangunan Pompa Hidarulik Ram (Hidram) bantuan Presiden, Bak Air Minum Bersih, menyampaikan, “Terima Kasih kepada Pemerintah Desa Compang Necak, Warga Kampung Gumbang, Dusun Rewa Maki, yang selama ini Kita semua telah bekerjasama yang baik, sehingga pada Hari ini, akan digelar Peresmian Pompa Hidram,” Ungkapnya.

“Kami berharap agar menjaga bersama dengan baik, agar tidak Terjadi Kerusakan pada Bak Air, serta Pipa dan lain-lainnya, demi Keselamatan Kampung semuanya,” Harap Yohanes.

Babinsa Kecamatan Lamba Leda, menegaskan dan mengajak Masyarakat Kampung Gumbang untuk bekerjasama yang baik dalam setiap Pemanfaatan Air Minum, “Jangan sampai Terjadi Kericuhan setiap Kita yang membutuhkan Air, dan harus Menjaga Kenyamanan,” Pesannya.

Sedangkan Kepala Desa Compang Necak, Kristianu Silih, SSos, menghimbau Masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat Pomp Hidram tersebut, “Saya berharap semua Warga Masyarakat Kampung Gumbang untuk menjaga dan memelihara dengan baik Pompa Hidram ini, karena ini untuk kebutuhan semua Warga, dan juga membutuhkan Kerjasama yang baik untuk Pemeliharaannya,” Harapnya.

Perlu diketahui, Pompa Hidram adalah salah satu jenis Pompa, di mana Fungsinya menaikkan Air/ Fluida dari Tempat yang lebih Rendah menuju Tempat yang lebih Tinggi dari Sumber Air, dan Penggerakkannya tanpa memerlukan Listrik ataupun Bahan Bakar Minyak. Akibat adanya Energi Kinetik yang berasal dari Air itu sendiri. Pompa Hidram akan bergerak dengan sendirinya.
(Reporter: Manang & Editor: MEDIA TIPIKOR INDONESIA)
#Kodam 1612/Manggarai #Peresmian Pompa Hidarulik Ram (Hidram) bantuan Presiden
#Kampung Gumbang, Desa Compang Necak, Lamba Leda, Manggarai Timur, Provinsi NTT