Rudy Hartono Latif, Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Banyuwangi

Ketua Asosiasi BPD Banyuwangi Apresiasi Kegiatan Dan Gerakan FORKAB

MTI Banyuwangi JATIM - Sebelumnya telah diberitakan, bahwa Hasil Penyisisran yang dilakukan oleh Forum Kawulo Alit Bersatu (FORKAB) Banyuwangi, untuk Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76, pada Hari Minggu (01/08/2021), di Pelosok Desa Pesanggaran, ditemukan beberapa Warga Masyarakat yang Belum Pernah Dapat Bantuan dari Pemerintah.

"Camat Pesanggaran, Ir. Sugiyo Dermawan, SAP, MSi"

BACA: FORKAB Banyuwangi Berikan Sembako Kepada Warga Yang Tidak Pernah Dapat Bantuan Dari Pemerintah.

"Kades Pesanggaran, Sukirno"

Menanggapi Berita tersebut, Rudy Hartono Latif, Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa timur, Memberikan Apresiasi dan Mengacungi Jempol atas Kegiatan dan Gerakan yang dilakukan oleh Rekan - Rekan Forkab Banyuwangi, yang Peduli kepada Wong Cilik dan Menemukan ada Warga Masyarakat yang Belum Pernah Dapat Bantuan dari Pemerintah, Senin (02/08/2021).

“Seharusnya tidak boleh terjadi, jika Musyawarah Desa (Musdes) dilakukan sesuai Regulasi, Verifikasi dan Validasi. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diselenggarakan dengan Musyawarah Desa (Musdes), diselenggarakan secara Ideal dan sesuai dengan Regulasi. Tapi Faktanya di Mayoritas Desa, Musdes tidak diselenggarakan secara Ideal, serta tidak sesuai Regulasi yang diatur Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019,” Sesal Rudy, Panggilan Akrab Rudy Hartono Latif.

Masih Rudy, “Tapi di beberapa Desa, Musdes hanyalah Formalitas saja, bahkan masih ada Desa yang sesungguhnya tidak Menggelar Musdes, namun Berita Acaranya ada, alias ABAL - ABAL,” Sambungnya.

“Karena Keputusan Tertinggi adalah Musdes. Dan itu Wajib melibatkan Orang banyak, dari Unsur Warga Masyarakat, bukan hanya diikuti Orang sedikit, dan Hasilnya juga harus dipublikasikan,” Tegas Rudy.

Kades Pesanggaran, Sukirno, saat dikonfirmasi MTI, menyampaikan dengan penuh kehati-hatian melalui Sambungan WhatsAppnya, “Akan Kita Cek,” Jawabya singkat.

Sementara Camat Pesanggaran, Ir. Sugiyo Dermawan, SAP, MSi, ketika dikonfirmasi juga hanya Melontarkan Jawaban dengan singkat.

“Masih dicek Mbah, dan akan Kita Cek Kebenarannya,” Ungkap Camat Pesanggaran, Ir. Sugiyo Dermawan. (Ger)