Kasus TIPIKOR Kades Helvetia Terus Bergulir, LSM GEMPUR Juga Buat Laporan Di Cabjari Labuhan Deli Kasus TIPIKOR Kades Helvetia Terus Bergulir, LSM GEMPUR Juga Buat Laporan Di Cabjari Labuhan Deli Media Tipikor Indonesia

Sufri Hidayat, SH, Wakil Investigasai DPP LSM GEMPUR Deli Serdang

Redaksi / 23 Maret 2023 / Dilihat 3952 kali

Kasus TIPIKOR Kades Helvetia Terus Bergulir, LSM GEMPUR Juga Buat Laporan Di Cabjari Labuhan Deli

MTI Deli Serdang SUMUT - Rupanya Pemberitaan Media Tipikor Indonesia (MTI) tentang dugaan adanya Indikasi Penyelewengan dan Mark Up Anggaran Dana Desa (DD), yang menyeret H. Agus Salim, SE, Kepala Desa (Kades) Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus bergulir.

Sebelumnya, Ibnu Kaldun, Kepala Dusun (Kadus) II A, Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), telah membuat Laporan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Deli Serdang, pada Hari Jum'at (10/03/2023), atas dugaan Penyalahgunaan Wewenang Jabatan yang dilakukan oleh Kades Agus Salim.

Saat dikonfirmasi MTI Perwakilan Sumut, terkait tindakannya tersebut, Ibnu Kaldun, menyatakan, bahwa Dia tidak ingin dinilai sebagi manusia munafik, karena sudah mengetahui, tetapi hanya diam saja. Bahkan Ibu Kaldun membeberkan alasannya dengan mengutip UU Nomor 31 Tahun 1999, Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Pasal 41 Ayat (1) terkait Peran Serta Masyarakat.

BACA:

*MTI NGOPI Bareng Bersama Heksa Sudarmaji, Heksa: PDIP Banyuwangi Yakin Meraih Target Yang Diberikan

*Dituding Terlibat Dugaan TIPIKOR Dana Desa Ketua LPM Desa Helvetia Desak Jaksa Tegakkan Hukum

*Kades Helvetia Dilaporkan Kadus II A Bawahannya Ke Kejari Deli Serdang Atas Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

*Ketua ALMISBAT Sumut Desak APH Lakukan Tindakan Tegas Terkait Penyelewengan ADD di Desa Helvetia

*Kades Helvetia Diduga Menyelewengkan ADD Dalam Setiap Kegiatan Desa Helvetia

Dan Perkara dugaan adanya Indikasi Penyelewengan dan Mark Up Anggaran Dana Desa (DD), yang menyeret Kades Agus Salim, Aparat  Penegak Hukum (APH) Kabupaten Deli Serdang dinilai kurang Sigap untuk mengatasi Persoalan tersebut.

Sehingga membuat beberapa Anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Awak Media mendatangi Batara Lubis, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Helvetia, yang dituding juga terlibat dalam Persekongkolan dugaan Penyelewengan dan Mark Up Anggaran DD Helvetia bersama Kades Agus Salim dengan Bukti Lembaran Kwitansi Pengambilan Uang dari Bendahara Desa Helvetia.

Namun kedatangan para Aktivis dan Media itu tidak membuat Batara Lubis Ciut Nyalinya, bahkan  Dia menyatakan akan mendukung Penegakan Hukum atas Tudingan kepadanya dan Dia juga mendesak Pihak Kejaksaan segera melakukan Pemeriksaan atas Penggunaan Dana Desa Labuhan Deli.

Kali ini LSM Gerakan Masyarakat Peduli dan Perjuangan Rakyat (GEMPUR) Deli Serdang merasa terpanggil untuk turut serta menuntaskan Kasus dugaan Perbuatan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) adanya Indikasi Penyelewengan dan Mark Up Anggaran Dana Desa (DD), yang menyeret Kades Agus Salim.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LSM GEMPUR Deli Serdang akhirnya juga membuat Laporan ke Cabang Kejaksaan Negeri Deli Serdang di Labuhan Deli, pada Senin, Tanggal 13 Maret 2023, lalu.

DPP LSM GEMPUR Deli Serdang melalui Sufri Hidayat, SH, Wakil Investigasai, ketika dikonfirmasi MTI, membenarkan, bahwa DPP LSM GEMPUR telah melaporkan Kades Helvetia, H Agus Salim, SE, atas dugaan Korupsi Dana Desa Helvetia TA 2022.

Sufri Hidayat, SH, Wakil Investigasai DPP LSM GEMPUR Deli Serdang, menerangkan, “Secara  Resmi telah melaporkan Kades Helvetia, Agus Salim, atas dugaan Korupsi Dana Desa Helvetia Tahun 2022. Banyak Kejanggalan yang Kita temukan di Lapangan. Maka dari itu, Kita melaporkannya ke Kejaksaan Negeri Cabang Labuhan Deli,” Terang Sufri, pada Kamis (23/03/2023).

Sebelum Saya melaporkan dugaan Korupsi Kades Helvetia ini, juga ada Rekan Kita yang mengaku dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut), yaitu Reva, yang dimana Reva yang bertugas sebagai Intelejen di sana. Awalnya, Kita berjumpa dengan Reva dan sempat membahas Permasalahan ini di Rumah Adinda Reva, di Jalan. Sebiru-biru. Dan Reva mengaku siap mengawal Kasus Dugaan Korupsi Kades Helvetia dari Kejati Sumut. Berjalan 1 (Satu) bulan, ternyata baru diketahui, bahwa Reva melaporkan Kasus ini juga di Kejaksaan Negeri Cabang Labuhan Deli, Ungkapnya.

Saya meminta APH dan Kejaksaan Negeri Cabang Labuhan Deli segera memerikas Kepala Desa dengan Kooperatif dan Selektif. Sebab, jika ini dibiarkan, maka akan Merugikan Negara maupun Masyarat nantinya. Jangan sampai ketidakprofesionalan APH menurunkan Kepercayaan Masyarakat,” Imbuhnya.

Kita juga dari DPP LSM Gempur akan ikut mengawal Perkembangan,dan mendukung penuh Aparat Penegak Hukum (APH) di Wilayah Labuhan Deli maupun tingkat Kabupaten. Dan Saya berharap kepada Media juga terus memantau Perkembangan, Jangan sampai ada Informasi yang Senyap dalam Pemberitaan,” Tegas Sufri Hidayat, SH, Wakil Investigasai DPP LSM GEMPUR Deli Serdang, penuh Harap sembari mengakhiri keterangannya.

(Reporter: ADEL/TEAM & Editor: MEDIA TIPIKOR INDONESIA)