Karyawan PDAM Lawu Tirta Berharap Dirut PDAM Dari Internal

Karyawan PDAM Lawu Tirta Berharap Dirut PDAM Dari Internal

MTI Magetan JATIM - Kekosongan Direktur Utama PDAM Lawu Tirta, Kabupaten Magetan, Jawa Timur membuat sebagian karyawan PDAM bertanya-tanya, sehingga ada yang menduga mencari sosok orang betul-betul mumpuni. Kekosong Direktur Utama PDAM setelah Welly Kristanto sebagai Dirut sebelumnya yang ditarik dan sekarang menjabat Kabag Pemerintahan di Pemkab Magetan. Sampai saat ini masih kosong dan Plt Dirut dipegang oleh Ir. Hergunadi yang juga baru menjabat Sekretaris Daerah Magetan.

Saat ini Jajaran karyawan PDAM Lawu Tirta berharap nantinya Dirut PDAM yang saat ini masih kosong akan diisi dari kalangan internal PDAM sendiri. Tentunya tetap melalui mekanisme seleksi terbuka yang informasinya akan dimulai pada minggu depan atau sekitar pertengahan bulan Juli 2020 ini.

Informasi ini  disampaikan oleh Asmar Multy salah satu karyawan PDAM Lawu Tirta. Kenapa harapannya dirut PDAM dari kalangan internal PDAM sendiri, Asmar beralasan selain sudah pengalaman dibidangnya, juga untuk menjaga kondusifitas perusahaan tetap terjaga seperti waktu dipegang Welly Kristanto.

“Kondisi perusahaan yang kondusif saat ini harus dipertahankan. Selain itu kekompakan dan kebersamaan dalam mengembangkan perusahaan yang saat ini berjalan dengan saling mendukung mulai dari satu kebeberapa bidang yang lain, serta kedisiplinan semua karyawan juga harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan. Untuk itu peran Dirut PDAM yang nantinya dan berharap dari kalangan internal sangat urgen. Karena seperti apapun maju tidaknya perusahaan yang tahu kondisi perkembangan didalam adalah lingkup internal PDAM itu sendiri,” Ungkap Asmar.

Nantinya dalam proses pemilihan calon Dirut PDAM melalui seleksi yang akan dilakukan oleh Pansel yang dibentuk oleh Pemkab Magetan, bagi semua staf dan karyawan PDAM Lawu Tirta yang memenuhi syarat dan kriteria yang ditetapkan Pansel akan mendaftarkan diri sebagai calon Dirut PDAM Lawu Tirta.

Sementara itu Ketuan Dewan Pengawas PDAM Lawu Tirta, Elmy Kuniarto, ST, MT mengatakan kewenangan pengangkatan Dirut PDAM Lawu Tirta ada pada KPM dan Pansel yang melakukan seleksi secara terbuka.

“Yang jelas Dirut nantinya harus inovatif, transparan, kapable dengan kompetensi, cakap dan visinya harus kuat,” Ungkap Elmi.

Lebih lanjut Elmi menjelaskan ada poin penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan Dirut, bahwa PDAM itu perusahaan bukan birokrasi,kulturnya harus corporate, jangan ada yang berbau politik-politikan. Sebagai perusahaan banyak tantangan ke depan yang harus dihadapi.

“Sebagai Dirut harus betul-betul mampu mengayomi, bermasyarakat, cakap dan Profesional,” Jelas Elmi. (DW/Jack).