Kades Paluh Kurau Nyatakan Penerima BLT DD Bisa Digonta Ganti Karena Ada Dasar Hukumnya Kades Paluh Kurau Nyatakan Penerima BLT DD Bisa Digonta Ganti Karena Ada Dasar Hukumnya Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 03 Agustus 2022 / Dilihat 1459 kali

Kades Paluh Kurau Nyatakan Penerima BLT DD Bisa Digonta Ganti Karena Ada Dasar Hukumnya

MTI Deli Serdang SUMUT - Lebih kurang 15 Orang, Warga Dusun VIII, Desa Paluh Kurau, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), memprotes Tindakan Kepala Desa (Kades) Paluh Kurau, Yusuf Batubara, yang dianggap semena-mena, karena telah melakukan Pergantian para Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Warga Dusun VIII, Desa Paluh Kurau, merasa keberatan dan tidak terima namanya tiba-tiba dicoret sebagai Penerima Bantuan dan diganti orang lain. Pengalihan Bantuan tersebut akhirnya menimbulkan Konflik di Masyarakat.

Dua Orang Perwakilan Warga yang merasa keberatan langsung menemui Yusuf Batubara, Kades Paluh Kurau, dan meminta Pertanggungjawaban Kades atas Tindakannya yang menyebabkan Mereka sudah tidak pernah mendapatkan Bantuan lagi dalam Tiga Bulan terakhir, Selasa (02/08/2022).

Salah Seorang Warga Desa Paluh Kurau, mengungkapkan, “Kami keberatan atas Perilaku Kades yang sesukanya dan semena-mena mengganti-ganti Warga Penerima BLT DD,” Ungkapnya.

“Namun, katanya semua Pergantian itu sudah sesuai Aturan. Padahal Kami baru mendapatkan 1 kali Dana BLT DD di Desa Palu Kurau ini. Kami Warga gak mampu,” Sambungnya.

Sementara itu, saat menerima kedatangan Warganya di Ruangan Pemerintahan Desa (Pemdes) Paruh Kurau, Kades Yusuf Batubara, menyampaikan permintaan maaf kepada Warganya. Dia mengaku Khilaf dan Salah dalam melakukan Pendataan dan mengganti Daftar Nama Penerima BLT DD di Desa Palu Kurau.

“Saya minta maaf kepada ibu-ibu jika Saya salah. Nanti Kita buatlah bergantian untuk menerimanya,” Katanya.

Yusuf mengungkapkan, jika sebenarnya banyak Warga yang namanya dialihkan atau diganti sebagai Penerima BLT DD Tahun ini, tetapi Warga tersebut tidak pernah komplin dan juga tidak keberatan. Bahkan Dia juga menyatakan, jika Dia belum mengetahui Aturan dan Mekanisme Pergantian Penerima BLT DD. Justru Dia malah melemparkan Pertanyaan kepada Kedua Ibu tersebut.

“Yang lain tidak ada keberatan ibu, mungkin sudah tahu Mereka. Cuma Ibu berdua saja yang keberatan, lantaran Ibu Saya ganti sebagai Penerima BLT DD. Menurut ibu bagaimana Aturan Perundang-undangannya? Saya bertanya dengan Ibu. Jadi Bu, Saya baru Dua Bulan jadi Kades. Jadi belum mengetahui Aturan itu. Namun Saya sudah melaporkan ke Kecamatan,” Ungkapnya sembari melempar pertanyaan.

Menurutnya, Penerima BLT DD bisa diganti-ganti dengan Warga lain, dan sudah sesuai Peraturan. Namun Dia mengulas balik pembicaraannya dengan mantan Kades Paruh Kurau, Selamat. Kata Yusuf saat itu menurut mantan Kades itu, Penerima BLT DD itu tidak bisa diganti oleh orang lain. Akhirnya Dia melakukan konfirmasi ke Kecamatan, ke Pendamping Desa, dan mendapat Jawaban.

“Ternyata Kita konfirmasi ke Atasan Kita, yaitu Kecamatan, ke Pendamping Desa, “Itu bisa. Semua ada undang-undangnya”. Mungkin kemarin panas-panasnya Politik Desa. Jadi Manis Mulutnya saja itu,” Kata Yusuf sembari menyalahkan mantan Kades Paruh Kurau, Selamat, kepada Warga di hadapan Awak Media.

“Insya Allah Ibu dapat di Bulan depan. Jadi Kita buat bergantianlah ya Bu. Bulan ini si Polan, untuk Bulan depanIbu dapat, Bulan depannya lagi Warga lain lagi. Ok Ibu. Mengertilah Bu, Jatah Penerima di BLT DD Desa Paluh Kurau itu 225 orang. Bingung Kami, semua mengaku Susah. Jadi bergantian ya Bu mendapatkan BLT DD,” Harapnya.

“Setiap Dua Bulan itu ada Perwakilan Dinas Catatan Sipil dari Kabupaten Deli Serdang turun ke Desa Kita. Itu tahu Ibu, yang mendatangkan itu Pihak Desa, itu Pake Uang Desa Bu,” Terangnya dalam kalimat yang kurang nyaman di Hati Kedua Ibu tersebut.

Terpisah, Yusuf Batubara, Kades Paluh Kurau, saat dikonfirmasi oleh Wartawan terkait Dasar Hukum yang digunakannya untuk melakukan Kebijakan Pengalihan BLT DD kepada Warga tidak mampu atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Yusuf tidak merinci aturan tersebut.

“Maaf ya. Itu semua yang terjadi Ada Mekanismenya,” Kilah Yusuf Batubara, Kades Paluh Kurau, singkat. (Adel/MTI).