Jadi Tuan Rumah KTT UNWTO & World Tourism Day 2022 Momentum Menuju Gerbang Bali Bangkit Jadi Tuan Rumah KTT UNWTO & World Tourism Day 2022 Momentum Menuju Gerbang Bali Bangkit Media Tipikor Indonesia

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA (Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Menparekraf)

Redaksi / 28 September 2022 / Dilihat 36044 kali

Jadi Tuan Rumah KTT UNWTO & World Tourism Day 2022 Momentum Menuju Gerbang Bali Bangkit

MTI Badung BALI - Hampir 2,5 Tahun Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) melanda Dunia dan “Meluluhlantakkan Perekonomian” di berbagai belahan Dunia. Dampak Virus Covid 19 memaksa semua Aktivitas mesti dilakukan di dalam Rumah. Indonesia dan khususnya Bali juga mengalami dan menghadapi Hal yang sama.

Dan setelah Covid 19 mulai mereda dan melandai, Pemerintah Indonesia dengan sigap mencanangkan Pemulihan Kebangkitan Perekonomian Nasional.

Pariwisata yang merupakan Sektor Pendukung Ekonomi Andalan Indonesia juga mengalami keterpurukan dan harus Babak Belur selama Pandemi Covid 19 menggempur seluruh Sendi Kehidupan di Indonesia. Namun Hal tersebut kini mulai berangsur Pulih dan membaik.

Setiap Tanggal 27 Setember adalah merupakan Peringatan World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia. Dan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) UNWTO dan Peringatan World Tourism Day 2022 kali ini, Indonesia menjadi Tuan Rumah, yang digelar di Bali.

Bali menjadi Tuan Rumah Pertemuan Tahunan United Nations World Tourism Organizatian (UNWTO) atau Organisasi Pariwisata Dunia, Badan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang menangani masalah Pariwisata, yang Markas besarnya berada di Madrid, Spanyol.

Peringatan World Tourism Day 2022 yang mengusung Tema “Rethinking Tourism”, akan dilakukan Penataan Ulang terhadap Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

KTT UNWTO dan dirangkai dengan Peringatan World Tourism Day 2022 yang mengusung Tema “Rethinking Tourism” digelar di dalam Kapal Pariwisata Bounty Cruisses, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Selasa (27/09/2022.

Acara tersebut dihadiri para Menteri Pariwisata dari berbagai Negara, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA (Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Menparekraf), Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Msi atau yang biasa disapa Cok Ace (Wakil Gubernur Bali), Pejabat BUMN, Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, SH (Kapolda Bali), para Pemangku dan Pelaku Pariwisata, para Pengusaha dan Tamu Undangan.

Acara  dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Doa yang dipimpin Jero Mangku Suteja, sebagai tanda dibukanya Acara World Tourism Day 2022.

I Gede Wirata, Ketua Panitia Acara, mengungkapkan, “Wabah Virus Covid 19 adalah sebuah Bencana besar di bidang Pariwisata, khususnya di Bali. Selama kurang lebih Dua Setengah Tahun, para Pelaku Dunia Usaha Pariwisata di Bali merasakan Dampak yang Serius, karena Sektor Pariwisata merupakan Sentral Perekonomian Bali,Ungkapnya.

I Gede Wirata juga meminta Mentri Sandiaga untuk memberikan Perhatian yang Serius kepada seluruh Pengusaha, khususnya di bidang Sektor Pariwisata di Bali.

Senada dengan Wirata, Wakil Gubernur Bali, Cok Ace mendorong kepada Mentri Pariwisata untuk Kebangkitan Dunia Pariwisata, khususnya di Bali. “Mengingat hampir Dua Setengah Tahun Sektor Sentral Perekonomian Bali, yaitu Pariwisata digodok di Kawah Candradimuka,” Ujar Cok Ace.

Dengan Hari Pariwisata Dunia, World Tourism Day 2022, merupakan Pintu Gerbang masuknya Kebangkitan Dunia Sektor Pariwisata, khususnya di Bali. Dan kehadiran Mentri Pariwisata di Acara World Tourism Day 2022 merupakan Momentum Kebangkitan Dunia Pariwisata Bali,Sambung Cok Ace (Wakil Gubernur Bali) penuh harap.

Sementara itu, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA (Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Menparekraf) menerangkan, “Dengan Kebangkitan Pariwisata di Bali di segala Sektor Lokal maupun Mancanegara adalah Pintu Gerbang Menuju KTT G 20 yang diselenggarakan di Bali,” Terangnya.

“Sesuai Perintah Bapak Presiden Joko Widodo, Kementrian Pariwisata mendorong Ekonomi Kreatif yang berkualitas. Sektor Usaha Kecil dan Menengah, semuanya harus yang berkualitas, Imbuhnya.

“Semoga di dalam World Tourism Day ini, Kita dapat memikirkan kembali Pariwisata seperti apa yang Kita semua butuhkan dan bagaimana Kita bisa mewujudkan Agenda Pemulihan Pariwisata Dunia. Dengan Kebangkitan Pariwisata Bali, akan memudahkan Jalannya KTT G 20 nantinya,” Harap Menparekkraf Sandiaga Uno.

Sedangkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) UNWTO, Zurab Pololikashvili, mengungkapkan, akan Keindahan Bali dan ingin menikmatinya. Menurutnya, Indonesia sukses menggelar Perhelatan World Tourism Day 2022 dan 75 % Menteri Pariwisata Seluruh Dunia Hadir dan Bali juga menjadi Magnet bagi para Delegasi.

Di Penghujung Acara, para Tamu Undangan dipersilahkan menyantap Hidangan yang sudah disediakan oleh Kru Chef Profesional Kapal Bounty Cruisses. Dan yang sangat menarik, para Tamu Undangan Berlayar sembari Menikmati Sajian Makanan dan Hiburan. (Tim MTI BALI)