Gubernur Nurdin Abdullah Saat Konfrensi Pers

Nurdin Abdullah Dan Dua Tersangka Lainnya Resmi Ditahan Di Rutan KPK

MTI JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi telah menetapkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan dua orang lainnya sebagai Tersangka, Gubernur Sulsel itupun langsung ditahan di Rutan KPK.

KPK menentukan status hukum para pihak yang terjaring OTT di Sulawesi Selatan dalam waktu 1x24 jam. KPK langsung menggelar Konferensi Pers, Minggu dini hari (28/02/2021), sekitar pukul 01.45 wita.

Nurdin menjadi Tersangka bersama dua orang lainnya. Mereka adalah Sekretaris Dinas PU dan Tata Ruang Pemprov Sulsel, Edy Rahmat serta Direktur PT. Agung Perdana Bulukumba, Agung Sucipto.

Gubernur Nurdin Abdullah dan Sekdin Edy Rahmat disangkakan sebagai Penerima Suap, sedangkan Direktur PT. Agung Perdana Bulukumba, Agung Sucipto, sebagai Pemberi Suap.

“Tersangka dalam perkara ini sebanyak tiga orang,” Kata Ketua KPK, Firli Bahuri dalam Konferensi Pers di Gedung Merah Putih, Jakarta, Minggu dini hari.

Gubernur Nurdin ditetapkan sebagai Tersangka karena diduga menerima suap terkait sejumlah Proyek Infrastruktur, yakni Infrastruktur Jalan di Sinjai, di Bulukumba dan Pembangunan Area Parkir di Bira, Bulukumba. Nurdin diduga menerima suap dari Agung dengan nilai Miliaran Rupiah.

Tidak hanya itu, Nurdin juga diduga menerima Gratifikasi dari beberapa Kontraktor lain. Sebagai pihak Penerima Suap, Nurdin dan Edy dijerat Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12B UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Sementara Agung selaku Pemberi Suap dijerat Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Selain Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan dua Tersangka lainnya, yang ditampilkan saat Jumpa Pers, KPK juga menunjukkan uang Miliaran Rupiah yang ikut disita saat OTT yang tersimpan dalam Koper berwarna Hijau. Nurdin dan dua Tersangka lainnya sudah menggunakan Baju Oranye. (Erik/Red)