Ikawangi Cabang Badung Gelar Family Gathering 2022 di Pantai Muntig Siokan Mertasari Sanur Ketua Umum Ikawangi Dewata Bali, Agus Tinus Winjaya , SH Media Tipikor Indonesia

Redaksi / 26 September 2022 / Dilihat 21435 kali

Ikawangi Cabang Badung Gelar Family Gathering 2022 di Pantai Muntig Siokan Mertasari Sanur

MTI Denpasar BALI - Ikatatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Cabang Badung menggelar Acara Family Gathering atau Outing, yaitu sebuah Kegiatan Kumpul bersama dalam Rangka mempererat Hubungan antara seluruh Anggota Ikawangi dan Keluarganya yang dikemas dalam Acara yang bernuansa Adat Budaya Khas Kabupaten Banyuwangi, yang bertempat di Taman Inspirasi Muntig Siokan, tepatnya di Pantai Mertasari, Desa Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Minggu (25/09/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh segenap Pengurus Cabang Ikawangi se-Provinsi Bali, yang ikut serta  dalam memeriahkan Acara tersebut. Dan Lagu “Umbul Umbul Blambangan menjadi Lagu yang Wajib dinyanyikan bersama-sama.

Acara Family Gathering juga dihadir oleh Rawan Atma Jaya (Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali dari Fraksi Golkar), I Wayan Suyasa, SH (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Badung), dan I Nyoman Karyan.

I Wayan Suyasa, SH, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Badung, memberikan Apresiasi dan Dukungan penuh terhadap Organisasi Ikawangi Bali dan sekaligus memberikan Suport tentang Keberadaan Ikawangi di Bali.

I Wayan Suyasa juga sangat berharap, “Masyarakat Perantau Banyuwangi yang tergabung dalam Ikawangi Dewata Bali, berarti juga sudah menjadi bagian Keluarga Masyarakat Bali. Oleh karena itu, harus tetap saling menjaga, saling menghormati dan saling menghargai,” Pesan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Badung penuh harap.

Sementara itu, Ketua Umum Ikawangi Dewata Bali, Agus Tinus Winjaya , SH, di sela-sela kegiatan menerangkan, “Ikawangi merupakan salah satu Organisasi yang mempertahankan Seni dan Budaya Daerah Banyuwangi. Maka dari itu, setiap ada Event - Event Ikawangi, seperti Family Gathering 2022 kali ini, Seni Tradisional Banyuwangi selalu ditampilkan,” Terang Winjaya, panggilan akrab Ketum Ikawangi Dewata Bali.

Kegiatan Family Gathering 2022 tersebut diprakarsai oleh Ikawangi Cabang Badung, yang dipimpin oleh H Nurul Hadi, sebagai Tuan Rumah Penyelenggara Kegiatan, dan dihadiri oleh seluruh Ketua Ikawangi Cabang se-Provinsi Bali, merupakan Bukti Kebersamaan untuk mempererat Tali Silahturahmi semakin kuat, sesuai dengan Slogan Bahasa Oseng (Red, Bahasa Daerah Kabupaten Banyuwangi) RIKO DULUR ISUN, ISUN DULUR RIKO, ISUN LAN RIKO SEDULURAN SELAWASE (Kamu Saudara Saya, Saya Saudaramu, Saya dan Kamu Bersaudara Selamanya)”.

“Kami sebagai Ketua Umum Ikawangi Dewata Bali mengucapkan banyak Terima Kasih kepada segenap Panitia Penyelenggara Kegiatan, para Tamu Undangan dari Pejabat DPR, DPRD dan seluruh Warga Ikawangi yang hadir, serta Sponsor yang mensuport Suksesnya Acara Event Ikawangi Tahun 2022,” Ujar Ketua Umum Ikawangi Dewata Bali, Agus Tinus Winjaya , SH, mengakhiri keterangannya.

Di sela-sela Acara Family Gathering 2022, Media Tipikor Indonesia (MTI) Bali mencoba menggali lebih dalam awal mula berdirinya Ikawangi Dewata Bali, dengan menemui Bambang Sutiyono, salah satu Tokoh Pendiri Ikawangi, yang berasal dari Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi yang kebetulan hadir dalam Acara tersebut.

Bambang Sutiyono menerangkan, Ikawangi di Bali dibentuk pada Tahun 2009 dan disahkan pada Tahun 2010. Awalnya, Saya bersama Mahasiswa di Rumah Saya melakukan Diskusi terkait adanya Isue atau Rumor yang kurang Sedap menyangkut Penduduk Perantau Banyuwangi di Bali,” Terangnya.

“Cita-cita ingin memulihkan Citra Baik tersebut diwujudkan dalam bentuk Organisasi Keluarga Besar Banyuwangi yang ada di Pulau Dewata Bali. Bersama Mahasiswa, serta Warga Perantau Banyuwangi lainnya, akhirnya Sepakat untuk mendirikan Organisasi yang dinamakan Ikawangi,” Imbuhnya.

Karena mendapat Dukungan Penuh dari Kalangan Warga Perantau, khususnya Banyuwangi dan berlandaskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Organisasi tersebut dibentuk Tahun 2009 dan baru dilegalkan secara Hukum pada Tahun 2010.

Dan Bambang Sutiyono didaulat menjadi Ketua Ikawangi Dewata Bali, yang dipilih secara aklamasi di Rumah kediamannya dan Dia termasuk Ketua Ikawangi Dewata Bali yang Pertama.

“Dengan terbentuknya Organisasi Ikawangi di Pulau Bali, Citra Baik Warga Perantau di Pulau Bali, khususnya Banyuwangi mendapat Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi,” Sambungnya.

Bambang Sutiyono juga sebagai Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Bali. Dan setelah tidak lagi sebagai Ketua Ikawangi, Bambang Sutiyono masih menjabat sebagai Dewan Pembina Ikawangi Dewata Bali hingga saat Ini.

Di Penghujung Acara Family Gathering 2022, Ikawangi Dewata Bali dihibur dengan berbagai Kesenian khas Banyuwangi, yaitu Tari Gandrung, Jaranan Buto, Kebo – Keboan, Drama Bodos – Bodosan, yang dimainkan oleh Paguyuban Ikatan Remaja Perantau  Donosuko (Iramped), Pertunjukan Musik Electone Tunggal, dan Pembagian Dorprize dari para Sponsor. (Team MTI Bali)