Hutan Jati Di Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo Terbakar

Hutan Jati Di Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo Terbakar

MTI Situbondo JATIM – Hutan Baluran yang terletak Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur terbakar. Kobaran api menghanguskan Lantai Hutan Jati seluas 2 Ha di kawasan Taman Nasional Baluran, blok Pengarengan Watunumpuk Km 236, Sabtu (08/08/2020), pukul 18.00 WIB. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti, namun diduga disebabkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Karena tiupan angin yang cukup kencang, sehingga api menjalar ke lokasi lainnya di seputaran blok Pengarengan Watunumpuk Km 236 kawasan Taman Nasional Baluran.

Petugas Taman Nasional bersama aparat terkait yang mengetahui adanya kebakaran, dengan menggunakan alat seadanya melakukan proses pemadaman, agar api tidak semakin menjalar ketempat lain, yang dapat mengganggu pengguna Jalan. Jalur Pantura Situbondo - Banyuwangi.

Kobaran api yang dikhawatirkan bisa mengganggu pengguna jalan yang melintas, akhirnya pada pukul 18.40 WIB petugas yang stand by di Kantor Wilayah II Karangtekok Situbondo, yang pimpin langsung oleh Kepala Seksi Wilayah II, Lukman Hidayat bersama 3 orang anggotanya dan dibantu oleh Pelda Sunardi, personil anggota Koramil 0823/08 Banyuputih datang ke lokasi dengan menggunakan Mobil Slip On (Damkar) milik Taman Nasional Baluran berupaya memadamkan kobaran api di lokasi tersebut.

Tepat pukul 19.10 WIB, akhirnya api baru dapat dipadamkan dan setelah itu dilakukan olah TKP oleh petugas Taman Nasional Baluran dan anggota Koramil 0823/08 Banyuputih Situbondo dan memutuskan kejadian itu murni dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Diduga sementara disebabkan adanya unsur kesengajaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau pengendara di jalur pantura yang sedang melintas, dengan membuang puntung rokok sembarangan, karena kondisi hutan sedang musim daun gugur dan kering, maka terjadilah kebakaran tersebut,” Terang Lukman Hidayat.

Lukman melanjutkan, “Semoga kejadian ini tidak terulang lagi,” Imbuh Lukman berharap.

Informasi yang diterima MTI, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian materiil diperkirakan Lantai Hutan Jati seluas 2 Ha yang berada di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo hangus terbakar. (Spj)