Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Buka OPOP Expo 2023 Dan Launching KUR Syariah Bank Jatim Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Buka OPOP Expo 2023 Dan Launching KUR Syariah Bank Jatim Media Tipikor Indonesia

Gubernur Jatim, Dr. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, MSi

Redaksi / 11 November 2023 / Dilihat 1435 kali

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Buka OPOP Expo 2023 Dan Launching KUR Syariah Bank Jatim

MTI Probolinggo JATIM - Gubernur Provinsi Jawa Timur (Jatim), Dr. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, MSi, membuka Perhelatan One Pesantren One Product (OPOP) Expo ke 5 Tahun 2023 di Grand Ballroom Al Marwah, Masjid Al Akbar Surabaya, pada Kamis (09/11/2023). Tujuan Agenda tersebut membantu Peningkatan Usaha Pesantren melalui INOVASI DIGITAL.

One Pesantren One Produk (OPOP) adalah sebuah program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat berbasis Pondok Pesantren (Ponpes) melalui Pemberdayaan Santri dan Alumni Pondok.

Gebyar OPOP EXPO yang telah memasuki Edisi ke 5, dalam waktu Empat Tahun sebelumnya sukses diselenggarakan di berbagai tempat di Jatim. Melalui Even tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim ingin menunjukkan Perannya sebagai Regulator, Fasilitator, dan Dinamisator dalam menentukan arah Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Kerakyatan. Yakni dengan Program Kerja yang dituangkan dalam Nawa Bhakti Satya ke 1 dan ke 7, yaitu Jatim Sejahtera dan Jatim Berdaya.

Gubernur Jatim menghimbau agar OPOP Jatim terus memperkuat dan mengembangkan Potensi yang dimiliki, salah satunya melalui Inovasi Digital. Menurut Gubernur Khofifah, Potensi Peantren yang dimiliki Pesantren, Santri maupun Alumni sangat Luar Biasa. Selain itu, Pengembangan Inovasi OPOP juga akan didukung dengan Ekosistem Pendidikan di Jatim.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan, bahwa Ponpes saat ini tidak hanya menjelma sebagai Lembaga Pendidikan Rakyat saja, tetapi juga sebagai Agen Perubahan dan Pembangunan Masyarakat. Dan melalui Program OPOP, Pemprov Jatim juga mendorong kemandirian Ekonomi Pesantren guna meminimalisir Kemisikinan dan Pengangguram.

OPOP ini merupakan salah satu keseriusan Kita membaca Ekosistem di dalam Pesantren, Ekosistem di luar Pesantren dan Ekosistem di luar negeri. Sehingga dari situ, Kita bisa meningkatkan Potensi di sekitar Kita,” Ungkap  Gubernur Khofifah saat membuka Gebyar OPOP EXPO 2023, di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (09/11/2023).

Gubernur Khofifah juga menambahkan, dengan adanya kegiatan Pameran OPOP Expo 2023, maka akan semakin banyak Masyarakat yang mengenal Produk-Produk Unggulan Ponpes Jatiam.

Dalam rangkaian kegiatan Pembukaan OPOP Expo 2023 tersebut, Gubernur Jatim bersama Bank Jatim juga melauching Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah Bank Jatim. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Direktur Utama (Dirut) Bank Jatim Busrul Imam, secara simbolis juga menyerahkan KUR Syariah kepada beberapa Debitur Bank Jatim dan Koperasi Pondok Pesantren, antara lain kepada  Pusat Bisnis UINSA Surabaya sebesar Rp. 500 Juta, Kopersai Ponpes Darul Ulum Tlasih Sidoarjo Rp. 50 Juta dan Gabungan 55 Nasabah Bank Jatim Syarih Cabang Surabaya Rp. 7 Miliar.

Dirut Bank Jatim Busrul Imam berharap Penyaluran KUR Syariah Bank Jatim tersebut, para Pelaku UMKM di Jatimb bisa Naik Kelas dan memberikan dampak pada Pertumbuhan Ekonomi Jatim. Selain melakukan berbagai Inovasi, Unit Usaha Syariah Bank Jatim juga berperan aktif dalam mendukung Program Nawa Bakti Satya Gubernur Jatim, yakni Jatim Berdaya.

Menurut Busrul Imam, selain bertujuan memajukan Ekonomi Syariah di Jatim juga mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat, salah satunya dengan berkolaborasi dengan OPOP Jatim untuk Penerbitan Kartu ATM Co-Branding, Kartu Santri Digital, Layanan Agen Laku Pandai Syariah di Koperasi Ponpes Jatim dan Layanan Samsat OPOP Jatim.

Beragam acara diselenggarakan untuk memeriahkan Event tersebut dengan harapan dapat memberikan Informasi, Wawasan dan Edukasi kepada Penggiat Ekonomi berbasis Pesantren, terutama bagi Anggota OPOP. Acara tersebut antara lain Pameran Produk Unggulan Anggota OPOP yang dikurasi dan terdiri dari Santripreneur, Pesantrenpreneur, dan Sosiopreneur dengan 36 Stand.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariyah, saat ditemui menerangkan, bahwa dengan adanya Program OPOP tersebut, kini banyak Santri-Santri yang menjadi Wirausaha dengan menciptakan berbagai Produk yang menarik dan memiliki Nilai Jual.

Melalui Program OPOP ini, Kami mengajarkan para Santri bagaimana berbisnis yang benar. Tidak hanya sekedar Jual Murah, tetapi juga harus menguntungkan, agar Usahanya dapat berkembang,” Terang Andromeda Qomariyah.

Wali Kota Probolinggo, Dr. Hadi Zainal Abidin, SPd, MM, MHP, juga hadiri dalam Acara tersebut. Wali Kota Probolinggo juga mengunjungi Stand Opop Kota Probolinggo dan memberikan Apresiasi dan Semangat kepada Pesantren yang mengikuti OPOP Expo 2023, yang diwakili oleh Ponpes Azidan BZH & Ponpes Nurul Islam Kota Probolinggo.
(Reporter: TRIADI & Editor: MEDIA TIPIKOR INDONESIA)
#Gubernur Jatim, Dr. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, MSi
#Pameran OPOP EXPO 2023 #Launching KUR Syariah Bank Jatim