DPD LIRA Datangi Kejari Magetan Terkait Dugaan Korupsi DD TA 2019 Desa Karas

DPD LIRA Datangi Kejari Magetan Terkait Dugaan Korupsi DD TA 2019 Desa Karas

MTI Magetan JATIM - Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA) mendatangi Kejari Magetan, mempertanyakan laporan beberapa kasus yang telah dilaporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan, Senin (11/01/2021).

"Ketua LSM LIRA Magetan, Supriyanto SSos"

Ketua LSM LIRA Magetan, Supriyanto SSos menjelaskan, ada dugaan kasus Korupsi Proyek dari Dana Desa (DD), Desa/ Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, yang diduga bermasalah dan telah dilaporkan ke Kejari Magetan terkait Pembangunan Ruang Pertemuan Balai Desa Karas, namun hingga saat ini belum ada kejelasan.

“LIRA laporkan sejak Tahun 2020 sampai sekarang belum ada progresnya. Namun dugaan kasus yang dilaporkan sampai saat ini belum ada kejelasan sejauh mana progresnya,” Tegas Supriyanto.

Supriyanto menjelaskan, laporan yang dimaksud ialah laporan dugaan Penyelewengan Anggaran Dana Desa dalam Rehab Pembangunan Ruang Pertemuan Balai Desa Karas Tahun 2019 yang menelan Anggaran Rp. 444.650.900 ( Empat ratus empat puluh empat juta enam ratus lima puluh ribu sembilan ratus rupiah) yang bersumber dari Anggaran Dana Desa Setempat.

Pelaporan LIRA dilakukan sejak Bulan Juni 2020. Berdasarkan bukti Pelaporan tertanggal 17 Juni 2020, dan laporan diterima Eko Sasmito.

Lebih lanjut Ketua LIRA menjelaskan, semenjak awal laporan merasa tidak ada progresnya. Menindak lanjuti laporan tersebut, Supriyanto berusaha menelusuri sampai sejauh mana proses laporan tersebut dan apa yang menjadi kendala sampai tidak segera diproses.

Untuk lebih jelasnya, hari Senin (11/01/2021) mendatangi Kantor Kejari Magetan, namun Pejabat terkait sedang tidak ada ditempat, oleh sebab itu klarifikasi pelaporannya disampaikan lewat surat dan telah diterima oleh Staf Kejari Magetan bagian Pengaduan atas nama penerima Ajeng Savira M.

“Jika nanti pelaporan ini tidak segera ditindak lanjuti atau tidak adanya respon dan progress dari Kejari Magetan, akan segera kita naikkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur,” Tegas Supriyanto.

“Kita akan berupaya untuk mengetahui sejauh mana Kejari Magetan menyikapi pelaporan yang sudah beberapa bulan laporannya belum ada progress. Kita tunggu jawaban dari Kejaksaan Negeri Magetan untuk menindaklanjuti atas surat klarifikasi, yang hari ini telah kita masukkan,” Tutupnya. (Jack/ Dik)