Dinas TPHPKP Magetan Canangkan Program Penerapan Tehnologi Pertanian

Dinas TPHPKP Magetan Canangkan Program Penerapan Tehnologi Pertanian

MTI Magetan JATIM - Bangsa Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya sebagai petani, sebagai ujung tombak dalam penyediaan bahan pokok pangan. Salah satunya di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, usaha untuk meningkatkan dan memperlancar hasil pertanian dan kesejahteraan petani adalah dengan tehnologi baru bidang pertanian, karena penerapan tehnologi pertanian akan meningkatkan hasil yang bagus dan kesejahteraan para petani betul-betul dirasakan dengan adanya penerapan teknologi baru, sehingga ketahanan pangan akan terjaga untuk memenuhi kebutuhan pokok pangan akan tercukupi.

"Ir. Edi Suseno, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan"

Ir. Edi Suseno, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan Dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan mengatakan, program peningkatan penerapan tehnologi baru di sektor pertanian merupakan nomenklatur dari Kementerian Dalam Negeri. Sedangkan sumber dana berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Dana Alokasi Khusus (DAK) biasanya dikerjakan swakelola/ padat karya,” Ujar Edy Suseno.

Edi Suseno menambahkan, “Sedangkan dari DAU (Dana Alokasi Umum) dengan kontraktlual yang biasa dikerjakan oleh rekanan,” Imbuhnya.

Di dalam program ada beberapa kegiatan untuk penerapan program tehnologi pertanian yang dicanangkan Dinas terkait diantaranya pembangunan Dam Parit, Pipanisasi dan Jaringan Irigasi khusus lahan pertanian dan perkebunan.

Lebih lanjut Edy Suseno menjelaskan, “Peningkatan dan penerapan program tehnologi pertanian dan perkebunan adalah upaya nyata untuk meningkatan ketahanan pangan yang cukup dinikmati dan dirasakan oleh para petani,” Sambung Edy

“Selain itu juga, program yang dicanangkan dari Dinas Terkait untuk memudahkan petani mengelola sumber daya alam sehingga mencapai hasil maksimal dalam meningkatkan kesejahteraan petani,” Pungkas Kadis TPHPKP. (DE/ Jack)