Danlanal Banyuwangi Terjunkan Prajurit Dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2020

Danlanal Banyuwangi Terjunkan Prajurit Dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2020

MTI Banyuwangi JATIM - Menjelang Pilkada Serentak 2020, Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Joko Setiyono, SE terjunkan prajurit dalam rangka ikut serta mengamankan jalannya Pilkada serentak 2020, Selasa (16/09/2020).

Dalam pengamanan nanti, sesuai Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 akan digelar ‘Sispamkota dan Operasi Yustisi’ yang melibatkan unsur TNI, Polri dan Satpol PP. Unsur Pam Gabungan ini akan mengawal jalannya Pilkada serentak tersebut sampai pelantikan Bupati selesai.

Segala persiapanpun dilakukan dari mulai ‘Simulasi Sispamkota’ dan Pembagian Pam sektor serta penempatan pasukan dititik-titik rawan.

Simulasi Sispamkota kali ini digelar di depan Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, dengan mengolaborasikan Pasukan Dalmas Polresta Banyuwangi dengan Pasukan Brimob Polda Jatim dan peragaan Simulai Operasi Yustisi oleh Pasukan Gabungan dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP.

Dalam peragaan Sispamkota tersebut, segala tahapan Pilkada maupun pengamanan dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan dari mulai kampanye hingga pemungutan suara guna menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ditengah Pandemi Covid 19.

Wakapolda Jatim, Brigjen Pol. Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, meninjau langsung Sispamkota tersebut, dalam kesempatan tersebut Wakapolda Jatim mengataka, “Latihan Sispamkota tadi dapat dilihat pengamanan dalam penyelenggaraan pilkada di Banyuwangi sudah betul-betul siap,” Kata Brgjen Pol. Drs. Slamet Hadi Supraptoyo.

Simulasi Sispamkota Pam Pilkada serentak gabungan TNI, Polri dan Sat PP digelar berdasarkan Telegram Kapolri Nomor STR/387/VI/AOPS/13/2020 Tanggal 1 Juni 2020.

Sementara itu, Danlanal Banyuwangi Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 nanti berjalan aman dan kondusif, “Kami berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 berjalan sesuai harapan dan Banyuwangi aman dan kondusif,” Ujar Danlanal Banyuwangi, Joko Setiyono. (Ujik)