Bumingkan Urban Farming, Rudin Wali Kota Cilegon Dijadikan Area Percontohan

Bumingkan Urban Farming, Rudin Wali Kota Cilegon Dijadikan Area Percontohan

MTI Cilegon BANTEN - Tumbuh berkembangnya Kota Industri Baja Cilegon, tidak menuntut kemungkinan Terjadinya Penyusutan terhadap keberadaan Kurangnya Lahan produktif. Sehingga, tidaklah berlebihan jika Pemerintah Kota Cilegon, Provinsi Banten, terus berupaya untuk Membumingkan lewat Urban Farming atau Pola Tanam Hidroponik, sebagai Tujuan Penyeimbang Kehidupan.

Terbukti, Minggu (01/08/2021), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon telah mengawali Penanaman Pertama Varitas Tanaman Sayuran Pakcoy, di Area Rumah Dinas (Rudin) Wali Kota Cilegon lewat Pola Tanam Hidroponik sebagai Percontohan. Bahkan, dengan begitu diharapkan bisa mampu mendongkrak Minat Masyarakat Perkotaan, khususnya bagi Ibu - Ibu PKK, Kelompok Wanita Tani (KWT), Kelompok Tani, Petani Konvensional dan Komunitas Hidroponik Cilegon bak Gayung Bersambut.

“Ini bagian dari Konsep Implementasi Cilegon untuk Indonesia. Sementara, ini hari baru memulai bercocok Tanam Sayuran Pakcoy bersama Ibu - Ibu PKK dan Petani Muda dari Konikon yang sudah terbilang cukup menguasai di bidang Urban Farming,” Ujar Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Kota Cilegon, Sutardi kepada MTI.

Selain itu, kata Sutardi, dengan adanya Area Percontohan Urban Farming itu, nantinya akan dikelola PKK Kota Cilegon yang identik dengan KWTnya.

“Semoga Program Percontohan ini berjalan sesuai harapan. Yang terpenting Niat, Berbuat, Cermat dan Manfaat pastinya. Intinya, Bertani tidaklah harus di Sawah atau Kebun, Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah juga bisa,” Tandasnya meyakinkan. (Agus Supandi)